Joeragan artikel

Tips Menghadapi Masalah [pixabay.com]

7 Tips Smart Menghadapi Masalah

Dear, Smart Ladies. Dalam perjalanan hidup, setiap manusia menginginkan yang terbaik untuk dirinya.  Namun, di perjalanan sering kali tidak sesuai harapan. Kejadian yang tidak sesuai harapan bisa berupa ujian atau musibah, semua itu mungkin tidak kita sadari terjadi begitu saja.

Perasaan sedih, kecewa, takut, cemas, bahkan marah silih berganti, atau bisa jadi datang bersamaan kepada kita.

Nah, Smart Ladies, berikut ini tips cerdas untuk menghadapi masalah yang hadir dalam hidup kita.

1. Tenang

Sikap tenang dan rileks akan membuat masalah menjadi lebih mudah untuk diselesaikan, dibandingkan dengan merespon dengan penuh emosi yang tidak terkendali. Dengan Smart Ladies memilih respon tenang, orang-orang di sekeliling juga akan merespon dengan tenang sehingga berpeluang lebih besar untuk memecahkan masalah.

2. Menerima

Masalah yang datang bukan untuk dihindari. Terima dulu masalah yang ada dengan mengatakan pada diri sendiri, “Oke, saya terima ujian dan musibah ini, terima kasih, ya, Allah, ya Tuhanku. Tentu ada hal yang baik di balik kehadiran masalah ini.” Banyak hikmah yang bisa didapatkan ketika masalah datang di antaranya, lebih dewasa dalam menghadapi kehidupan, makin berhati-hati, dan lebih bijak.

3. Introspeksi

Melihat masalah yang datang dengan pikiran jernih, kemudian evaluasi diri, memaafkan diri sendiri, mengakui kesalahan, memaafkan orang lain. Mencoba untuk lebih obyektif dalam memandang masalah yang ada.

4. Merumuskan Masalah

Smart Ladies bisa menggunakan pertanyaan berikut ini untuk merumuskan masalah. Siapa yang berhubungan dengan masalah? Langkah-langkah alternatif apa saja untuk penyelesaiannya? Kapan mau diselesaikan? Siapa kira-kira yang bersedia membantu menyelesaikan? Di mana akan diselesaikan? Apa keuntungannya saat masalah bisa terselesaikan? Apa kerugiannya ketika tidak bisa terselesaikan?

Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut masalah rumit akan mudah teurai menjadi lebih jelas penyelesaiannya.

5. Tidak Menunda

Smart Ladies, segera selesaikan masalah dengan hati lapang. Menunda menyelesaikan masalah akan menjadi bumerang bagi diri sendiri, makin membuat menumpuk masalah, membuat beban pikiran, dan hati tidak tenang. Oleh karena masalah itu, tidak akan selesai hanya dengan dibicarakan atau disesali.

6. Berdoa

Senjata paling ampuh saat mendapatkan masalah adalah berdoa. Berdoa kepada Allah yang Maha Menciptakan dan Maha segalanya. Bertaubat dan mohon ampun kepada-Nya. Selain itu, mohon petunjuk untuk mendapatkan kelapangan hati dan kejernihan pikiran.

7. Shodaqoh

Memberikan rezeki kepada orang lain yang membutuhkan adalah salah satu ikhtiar kelapangan hati. Kita akan merasakan, meskipun kita mendapatkan masalah, masih ada orang yang jauh lebih menderita dan kurang beruntung.

Nah, dengan tips di atas, Smart Ladies siap menghadapi apa pun yang terjadi dalam hidup ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Hubungi Kami