9 Tips Belajar Daring yang Menyenangkan

Halo, Smart Ladies!

Wabah pandemi terjadi di semua tempat di dunia ini tak terkecuali di Indonesia. Sistem pendidikan pun terkena imbasnya. Saat ini, semua pihak diminta untuk belajar dari rumah. Sistem belajar jarak jauh ini biasa disebut sekolah dalam jaringan (daring). Tak dapat kita mungkiri, belajar daring bagi sebagian anak sangat membosankan. Bagaimana agar belajar daring menjadi menyenangkan?

Belajar daring membutuhkan peran serta orang tua. Beberapa cara dapat kita upayakan untuk membuat suasana belajar daring tetap menyenangkan. Nah, Ladies, berikut tips belajar daring yang menyenangkan selama anak belajar di rumah.

  1. Menciptakan Tempat yang Nyaman Buat Belajar

Gunakan tempat duduk untuk belajar dan bukan berbaring di kasur. Usahakan memiliki sandaran yang nyaman. Gunakan juga meja yang sesuai  tingginya dengan posisi duduk.

  1. Menyediakan Alat-Alat Belajar untuk Mendukung Proses Belajar

Menyediakan alat-alat belajar sangat anak perlukan agar tidak menghambat proses belajar anak di rumah.

  1. Menyediakan Camilan agar Anak-Anak Tetap Semangat ketika Belajar

Belajar membutuhkan banyak energi. Belajar dapat membuat anak menjadi lelah setelah melalui proses berpikir. Menyediakan camilan akan membantu anak Ladies kembali segar dan bertenaga.

  1. Memberikan Anak Semangat Belajar dengan Kasih Sayang

Ladies, berikan anak semangat belajar dengan memilih perkataan yang baik. Memberikan pengertian dan pemahaman kepada anak mengenai kondisi  yang terjadi saat ini.  Jangan menggunakan kata-kata kasar hingga memukul anak saat mereka mulai jenuh dan rewel.

  1. Membantu dan Menemani Anak Mengerjakan Tugas

Membantu dan menemani anak saat mereka mengerjakan tugas yang sekolah berikan, ini akan menjadi motivasi bagi anak. Mereka akan merasa bahwa Ladies peduli pada masalah mereka dan bukan hanya menuntut kesempurnaan.

  1. Tetap Berkonsultasi dengan Guru di Sekolah

Berkonsultasi dengan pihak sekolah akan membuat komunikasi dua arah yang baik antara pihak orang tua dan sekolah. Ladies bisa belajar bagaimana memberikan pendidikan yang efektif bagi anak di rumah. Sekolah juga akan tahu perkembangan belajar anak selama belajar di rumah.  Semua ini sangat berguna untuk pendekatan pada anak selama sekolah daring ini.

  1. Pastikan Kuota Internet Tetap Lancar

Agar pembelajaran daring tidak terkendala maka jaringan internet yang lancar sangat kita perlukan. Jaringan internet yang baik akan memudahkan anak  menerima materi pelajaran. Selain itu, anak juga dapat dengan mudah menghubungi guru saat pelajaran daring berlangsung.

  1. Memperhatikan Mood Anak

Pembelajaran daring cenderung membuat anak menjadi boring. Emosi anak menjadi naik turun dan memengaruhi mood belajarnya. Ladies dapat berkomunikasi dengan anak untuk membuat kesepakatan waktu belajar dan kegiatan yang menyenangkan bagi mereka. Seperti Ladies yang membutuhkan me time, anak-anak pun juga butuh. Berikan kesempatan bagi anak melakukan penyegaran untuk mengembalikan semangat  mereka.

Pembelajaran daring yang menyenangkan dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi anak tanpa merasa terbebani. Peran orang tua sangat penting karena pendidikan anak sejatinya adalah tugas orang tua. Belajar yang menyenangkan diharapkan membuat anak merasa bahagia sehingga mampu menyerap ilmu secara maksimal. Anak yang bahagia membuat imunitasnya meningkat, anak menjadi sehat dan ceria.

About Susi Eldayana

Susi Eldayana
Ibu rumah tangga profesional.

Check Also

5 Tips agar Kebersamaan Bersama Keluarga Tetap Berkualitas Meski Bekerja

Hai, Smart Ladies! Zaman sekarang, wanita bekerja itu bukanlah hal yang tabu. Banyak para wanita …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *