Joeragan artikel

9 Nutrisi untuk Para Lansia agar Tetap Sehat dan Bersemangat

Hai, Smart Ladies!

Seiring bertambahnya usia, jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh juga mengalami penurunan. Pada usia lanjut (lansia), akan terjadi perubahan metabolisme tubuh, dan ini akan mempengaruhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Untuk beberapa orang akan kehilangan nafsu makan, susah mengunyah, dan mencerna makanan.


Proses penuaan akan mempengaruhi kebutuhan nutrisi lainnya, ada yang perlu dikurangi atau ditingkatkan agar pemenuhan gizi dapat tercukupi. Menurut beberapa penelitian, pola maka yang sehat dapat membantu mengurangi terjadinya osteoporosis, tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung. Lalu nutrisi apa saja yang dibutuhkan para lansia? Yuk, kita simak ulasan berikut ini !


1. Vitamin B12

Vitamin B12 dibutuhkan untuk membantu membentuk sel darah merah, serta menjaga agar fungsi syaraf tetap sehat.


2. Asam Folat

Asam folat membantu mengurangi risiko terjadinya anemia pada lansia. Mengonsumsi buah dan sayur dapat meningkatkan kadar asam folat pada tubuh.


3. Kalsium

Kalsium mempunyai peran penting dalam tubuh yaitu membangun tulang agar lebih kuat. Kurang mengonsumsi kalium menyebabkan meningkatnya risiko patah tulang, makanan yang mengandung nutrisi ini adalah brokoli, kangkung, dan susu rendah lemak.


4. Kalium 

Mengonsumsi kalium yang cukup dapat membantu menjaga tulang tetap kuat. Kalium penting untuk menjaga fungsi sel, membantu mengurangi tekanan darah, dan menurunkan terjadinya risiko batu ginjal. Buah yang mengandung kalium antara lain pisang dan kentang. 


5. Vitamin D

Vitamin C membantu tubuh menyerap kalsium, menjaga kepadatan tulang, dan mencegah osteroporosis. Salmon dan telur adalah sumber vitamin D yang bagus untuk dikonsumsi.


6. Magnesium

Magnesium membantu tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, jantung tetap sehat, dan tulang kuat. Penyerapan magnesium dalam tubuh menurun seiring bertambahnya usia, cara memenuhi kebutuhan magnesium dengan mengonsumsi makanan, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah segar, dan sayuran.


7. Serat

Serat membantu meningkatkan sistem pencernaan yang sehat, makanan yang mengandung serat tinggi antara lain biji-bijian, sayuran, dan buah segar.


8. Omega-3

Omega-3 berfungsi mempertajam fungsi otak, mengurangi risiko terjadinya alzheimer, dan melindungi jantung. Makanan yang mengandung omega-3 ditemukan pada kacang kedelai, ikan tuna, dan salmon.


9. Air

Air tidak mengandung vitamin atau mineral, tetapi sangat penting bagi kesehatan. Mengonsumsi air yang cukup setiap hari membuat tubuh sehat, tanda terpenuhinya air dalam tubuh dapat dilihat dari warna urin yang berwarna bening atau kuning pucat. Sedangkan warna urin yang kuning terang, atau gelap dan keruh menjadi pertanda kurangnya konsumsi air.

Jika di antara keluarga Ladies ada yang sudah berusia lanjut, sebaiknya diberikan tambahan 9 nutrisi seperti uraian di atas, agar mereka tetap sehat dan selalu bersemangat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Hubungi Kami