9 Faktor Penyebab Penuaan Dini

  • Whatsapp
Faktor Penyebab Penuaan Dini [Engin Akyurt from Pixabay]

Hai, Smart Ladies!

Pernahkah Ladies “dituduh” berwajah lebih tua dari usia sebenarnya? Jangan terburu-buru marah, ya. Kalau ada yang berkata demikian, berarti Ladies harus segera mengoreksi diri. Bisa jadi, kebiasaan Ladies sehari-harilah yang membuat munculnya tanda-tanda penuaan tersebut. Menjadi tua itu pasti, tetapi menua sebelum waktunya sebisa mungkin kita hindari. Setuju, kan, Ladies?

Bacaan Lainnya

Lalu, apa saja yang menjadi faktor penyebab penuaan dini? Yuk, kita simak penjelasan di bawah ini.

1. Sering Terpapar Sinar Matahari Langsung

Sinar ultraviolet yang terpancar dari matahari dapat merusak kolagen, elastin, dan sel-sel kulit. Hasilnya, kulit menjadi lebih cepat keriput sebelum waktunya. Tidak hanya itu, terlalu sering terpapar sinar matahari akan memicu terjadinya pigmentasi atau munculnya bintik-bintik berwarna cokelat kehitaman di wajah, tangan, dan bagian tubuh lainnya.

2. Kebiasaan Merokok

Zat nikotin yang terdapat pada rokok akan membuat sel-sel kulit kekurangan air dan kehilangan kelembapannya. Akibatnya, kulit menjadi kering.

Selain itu, rokok juga akan mengurangi kadar vitamin A pada kulit wajah. Vitamin A adalah antioksidan alami yang akan menangkal radikal bebas di kulit wajah.

3. Kurang Tidur

Kualitas tidur yang tidak baik juga dapat mengakibatkan penuaan dini pada kulit. Berdasarkan penelitian, orang yang memiliki gangguan tidur sangat parah, lebih berisiko mengalami gangguan pada kulit, termasuk penuaan dini. Itulah sebabnya, wajah orang yang kurang tidur pasti tampak kurang segar dan pucat.

4. Tidur Tanpa Menghapus Riasan Wajah

Wanita pekerja kantoran yang harus selalu berdandan cantik setiap hari sering kali tidur tanpa menghapus riasan wajahnya terlebih dahulu dengan alasan lelah. Kebiasaan inilah yang bisa mengakibatkan munculnya keriput, garis-garis halus, bahkan jerawat.

5. Melakukan Ekspresi Wajah yang Berulang

Saat Ladies membentuk ekspresi wajah, misalnya mengerutkan dahi atau menyipitkan mata, otot di bawah wajah akan berkontraksi. Apabila hal ini kita lakukan terus-menerus, garis di wajah akan makin terlihat jelas dan seperti membekas. Memakai kacamata hitam bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi garis-garis yang muncul karena Ladies tidak perlu terlalu sering menyipitkan mata.

6. Pola Makan yang Tidak Baik

Beberapa contoh makanan yang dapat memicu penuaan dini adalah karbohidrat olahan dan makanan yang mengandung terlalu banyak gula. Jenis makanan lain yang sebaiknya kita kurangi di antaranya adalah gorengan, kue manis, makanan cepat saji, dan daging berlemak.

Sebaliknya, Ladies harus lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti kacang-kacangan, buah-buahan, sayur-sayuran, dan teh hijau.

7. Sering Marah dan Stres

Kebiasaan marah, bahkan sampai menyimpan dendam, bisa mengakibatkan stres. Akibat lain yang lebih parah adalah bisa mengacaukan pencernaan, bahkan menyebabkan penuaan dini. Seseorang yang memiliki sifat atau karakter keras hati, tidak bisa santai, atau sering marah sebenarnya sangat dekat dengan risiko terkena penyakit jantung koroner.  Sementara itu, stres atau depresi dapat mengakibatkan penuaan sel.

Tidak dapat kita mungkiri bahwa stres atau kemarahan sulit dihindari. Namun, alangkah baiknya bila Ladies bisa menemukan cara-cara positif untuk melepaskan emosi yang berlebih, misalnya dengan berolahraga, menulis, atau aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial.

8. Kebiasaan Duduk Terlalu Lama

Tanpa disadari, Ladies mungkin sering menghabiskan banyak waktu dengan duduk karena tuntutan pekerjaan di kantor atau selama perjalanan berangkat dan pulang bekerja. Sebuah hasil penelitian yang telah American Journal of Epidemiology publikasikan menyatakan bahwa terlalu banyak duduk dapat membuat sel-sel tubuh menua. Bahkan, para peneliti menemukan bahwa terlalu banyak duduk dan tidak banyak melakukan aktivitas dapat memperpendek usia sel.

9. Melewatkan Sexy Time

Berhubungan intim bagi pasangan suami istri ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang umur. Menurut penelitian, berhenti berhubungan intim justru akan meningkatkan stres dan melemahkan daya tahan tubuh, bahkan bisa berujung pada penuaan dini.

Yuk, Ladies, segera ubah kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik agar tidak menua sebelum waktunya. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *