7 Tips Latihan Menulis yang Dapat Ladies Coba

  • Whatsapp
7 Tips Latihan Menulis yang Dapat Ladies Coba [pixabay.com]

Halo, Smart Ladies!

Ada yang mengatakan bahwa menulis merupakan bakat dan tidak semua orang bisa melakukannya. Pendapat ini mungkin benar, tetapi bakat juga harus kita latih. Menulis membutuhkan latihan dan siapa pun bisa melakukannya. Latihan apa yang dapat dilakukan? Berikut 7 tips latihan menulis yang dapat Ladies coba:

Bacaan Lainnya

  1. Tuliskan Objek yang Ada di Sekitar

Gagasan atau ide adalah hal yang penting penulis miliki sebelum menulis. Mulailah dengan memilih objek yang ada di sekitar, seperti ponsel, pulpen, boneka, mainan anak, dan lain-lain. Lebih mudah menuliskan karakteristik tersebut dalam bentuk poin.

  1. Tuliskan Keistimewaan Objek Pilihan

Langkah berikutnya, tuliskan hal-hal yang berkaitan dengan objek tersebut menggunakan metode 5W1H (who, what, why, when, where, dan how).

  1. Kembangkan Cerita

Setelah menulis sesuai poin, kembangkanlah ide pikiran. Ladies dapat mulai mencari hal-hal baru yang muncul dari poin sebelumnya. Apabila ada seseorang atau sesuatu yang muncul dalam coretan yang dibuat, Ladies bisa membuat kerangka lainnya.

  1. Membuat Kerangka Paragraf

Setelah mendapatkan banyak informasi, Ladies dapat mulai membuat paragraf. Satu paragraf berisi satu pikiran pokok yang bisa kita lengkapi dengan beberapa kalimat penjelasan.

  1. Memperhatikan Struktur Kalimat

Biasakan menulis subjek, predikat, objek, dan keterangan, dalam susunan yang sesuai dengan kaidah yang benar.

  1. Banyak Membaca

Membaca merupakan salah satu bentuk latihan menulis karena dapat memancing tumbuhnya ide. Pilihlah satu buku yang menarik, kemudian galilah gaya penulisan dan hal-hal yang menarik dari buku tersebut.

  1. Membuat Status di Media Sosial

Apabila langkah di atas terasa terlalu berat, ada cara lain yang dapat Ladies lakukan. Biasakan menulis satu kalimat dalam status media sosial. Cobalah menulis status yang bersambung. Mudah, bukan?

Demikian, Ladies, tips latihan menulis yang dapat dipraktikkan di rumah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *