7 Tips agar Tetap Sehat walau Duduk di Depan Komputer Sepanjang Hari

Hai, Smart Ladies!

Ladies sering menghabiskan waktu duduk di depan komputer? Apakah lebih dari 10 jam setiap hari? Hati-hati, lo, karena hal itu bisa membahayakan kesehatan.
Namun, jangan khawatir, kita tetap bisa menjalani hidup sehat, kok, meskipun pekerjaan menuntut kita duduk berjam-jam di depan komputer. Bagaimana caranya? Ikuti 7 tips berikut ini.

1. Atur Posisi Laptop dengan Benar

Jika garis pandang dengan laptop terlalu ke bawah, Ladies bisa mengalami sakit punggung atau leher. Sebaliknya, jika menatap terlalu ke atas, akan menyebabkan mata kering.
Jadi, penting untuk mengatur laptop dalam posisi yang benar. Ladies bisa menggunakan dudukan komputer atau tumpukan buku sehingga tidak harus melihat ke atas atau ke bawah. Sudut maksimal antara posisi laptop dengan garis pandang adalah 10 derajat.

2. Minum Air Putih

Seorang pakar kesehatan, dr. Helen Lee, DC mengatakan, duduk dalam waktu lama selama bertahun-tahun dapat menghambat sirkulasi darah, memperlambat metabolisme, menyebabkan ketidakseimbangan gula darah, dan memengaruhi kesimbangan postur otot.
Agar sirkulasi tubuh tetap terjaga, hindari dehidrasi. Untuk itu, selalu sediakan air putih di dekat meja komputer.

3. Sering Berkedip

Menatap komputer membuat Ladies berkedip tiga kali lebih jarang dibanding biasanya. Karena itu, agar mata tetap terjaga, sering-seringlah berkedip saat menatap layar komputer.

4. Menjaga Postur Duduk yang Baik

Menurut para ahli, bagian atas layar komputer harus berada pada tingkat yang sama dengan mata. Dengan begini, Ladies lebih mudah untuk duduk dengan tegak.
Posisi duduk dengan bahu ditarik ke belakang dan rileks, lengan sejajar agar tidak bersandar saat meraih keyboard.
Dr. Lee menyarankan, letakkan bantal kecil di belakang punggung bawah agar sekitar pinggang dan bokong dapat nyaman dan beristirahat.

5. Sering Mencuci Tangan

Biasakan untuk selalu mencuci tangan, misalnya sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, sehabis bersin, dan sesudah menggunakan komputer. Disadari atau tidak, tempat atau benda-benda tersebut bisa jadi menjadi sarang kuman.

6. Hindari Menggunakan Lift

Menggunakan lift bisa dapat mempersingkat waktu, namun ini membuat kita jadi jarang bergerak. Sebaiknya gunakan tangga agar sirkulasi otot dapat terjaga.

7. Bergerak

Sangat penting berjalan dan melakukan peregangan di sela-sela waktu bekerja, apalagi jika terlalu lama di depan komputer. Ladies bisa melakukan peregangan setiap jam. Namun jika tidak bisa, berjalanlah sesering mungkin. Misalnya mengisi botol air minum atau pergi ke meja teman.

Walaupun bekerja lebih lama di depan komputer, sebaiknya tetap selalu menjaga kesehatan, ya. Ladies bisa mencoba tips-tips di atas agar tetap sehat. Selamat mencoba.

Related posts

Leave a Comment