7 Tips agar Tesis Cepat Selesai [Editage]

7 Tips agar Tesis Cepat Selesai

Hai, Smart Ladies!

Mengerjakan sesuatu yang butuh waktu lama dan konsentrasi penuh, contohnya tesis, ternyata susah-susah gampang ya, Ladies. Karena butuh konsentrasi penuh dan waktu lama, mengerjakan tesis sering kali membosankan. Kalau kita tidak pandai-pandai menyiasatinya, ide yang ada bisa ambyar dan tesis pun tidak kunjung beres.

Ada beberapa tips berikut ini bisa Ladies coba agar tesis cepat selesai. Penasaran? Kita simak, yuk!

  1. Tetapkan Target Waktu

Target pribadi ini harus lebih cepat dari target yang sebenarnya. Jika kampus mewajibkan tesis selesai di akhir Desember, kita harus menyelesaikannya paling tidak akhir November. Dengan demikian, kita masih punya cukup waktu jika harus merevisi draft tesis. Target ini juga sebagai antisipasi jika terjadi kendala yang tidak kita prediksi sebelumnya dan menghambat penyelesaian tesis.

  1. Pahami Topik atau Judul Tesis dengan Benar

Pemahaman terhadap topik pembahasan atau judul akan berpengaruh pada proses penyusunan dan penyelesaian tesis. Untuk itu, upayakan kita benar-benar memahaminya. Jika tidak, penyelesaian tesis pasti akan butuh waktu lebih lama karena kita harus mempelajari lebih dahulu topik yang akan dibahas.

  1. Cari Informasi Tempat Memperoleh Data

Lakukan riset kecil-kecilan sebelum menentukan topik atau judul tesis sehinga kita punya gambaran jenis, cara, dan lokasi pengumpulan data. Jangan sampai kita harus mengganti topik atau judul di tengah jalan karena tidak dapat mengakses data yang dibutuhkan.

  1. Buat Kelompok Kecil dengan Teman

Kelompok kecil ini sebaiknya beranggotakan teman-teman yang mempunyai visi yang sama, yaitu tesis harus selesai tepat waktu sesuai dengan deadline dari kampus. Setiap orang di dalam kelompok ini bisa saling mendukung dan mengingatkan sesama anggota kelompok sehingga tidak ada yang melewati deadline.

  1. Cari “Pesaing”

Ladies, pesaing di sini bukan diartikan sebagai musuh, tetapi motivator yang mengingatkan bahwa tesis kita harus selesai tepat waktu. Bersaing adalah salah satu sifat alamiah manusia. Kita akan terpacu ketika melihat seorang teman sudah lebih dahulu menyelesaikan tesisnya.

  1. Jaga Mood

Mood sangat memengaruhi cepat atau lambatnya proses penyusunan tesis. Saat merasa “enggak mood”, kita biasanya malas mengerjakan apa pun. Jadi, pastikan mood kita terjaga dengan baik, ya. Jika Ladies sudah jenuh, cobalah beralih aktivitas, misalnya membaca bacaan ringan atau menonton acara yang lucu. Jangan membaca atau menonton suatu tayangan yang topiknya berat dan mengharuskan kita ikut berpikir karena hal ini justru akan menyebabkan fokus kita beralih. Fokus kita adalah tesis cepat selesai.

  1. Jaga Semangat

Dengan menjaga semangat tetap tinggi, kita tidak akan bermalas-malas mengerjakan tesis sehingga tesis pun cepat selesai. Ingat ya Ladies, tesis yang baik itu adalah tesis yang selesai. Kita tidak harus menyelesaikannya dengan hasil yang sempurna, kok, karena kesempurnaan hanya milik Allah.

Sekarang, Ladies sudah siap menyelesaikan tesis tepat waktu, bukan?

 

About Cahyatih Kumandang

Cahyatih Kumandang
Pendidikan Terakhir: S1 Akuntansi dari STIE Perbanas Jakarta, S2 MM dari STM PPM Jakarta; Moto: Jangan pernah menyerah dan jadikan Allah SWT sebagai penolong dan pelindung terbaik

Check Also

6 Tips Mengelola Post Power Syndrome

Halo, Smart Ladies Pengajuan pengunduran diri bagi seorang wanita terkadang bisa karena keadaan yang mendesak, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *