Joeragan artikel

7 Tanaman Pengusir Nyamuk, Sayang Jika Diabaikan

Dear, Smart Ladies!

Nyamuk adalah hewan yang dimusuhi manusia karena dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Perkembangbiakan nyamuk sangat cepat, terutama saat musim hujan.

Jentik nyamuk berkembang di tempat-tempat kotor, genangan air, dan lain sebagainya. Gigitan nyamuk bisa menyebabkan kulit bentol, gatal-gatal, dan penyakit menular, seperti demam berdarah dengue.

Berbagai jenis obat berbahan kimia diketahui dapat mengusir dan membunuh nyamuk. Tahukah, Ladies, selain obat berbahan kimia, ada beberapa tanaman alami yang ampuh membasmi nyamuk. Berikut ini tujuh tanaman yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk.

1. Lavender

Lavender adalah tanaman beraroma harum. Warnanya yang ungu menjadi daya tarik tanaman ini sehingga banyak ditanam di pekarangan rumah.Tanaman ini mengandung zat linalool dan lynalyl asetat yang ampuh mengusir nyamuk. 

2. Serai Wangi atau Citronella

Serai wangi mudah ditemukan dan ditanam di sekitar rumah, seperti di bawah jendela atau sekitar pintu agar terpapar angin. Aroma khas serai wangi mampu mengusir nyamuk dan serangga. Saat ini, serai wangi dapat kita temukan dalam bentuk losion anti nyamuk atau aromaterapi.

3. Seledri

Seledri sering digunakan sebagai bumbu masakan. Tak disangka, tanaman ini dapat mengusir nyamuk. Menurut alodokter.com, gel dari ekstrak seledri sebanyak 5-25 persen mampu menahan gigitan nyamuk lebih dari 4 jam.

4. Catnip

Catnip merupakan tanaman yang paling ditakuti nyamuk. Menurut liputan6.com, tanaman ini bekerja lebih ampuh daripada racun nyamuk. Sebaiknya, kita mulai memelihara tanaman ini karena mudah dipelihara.

5. Kemangi

Tanaman kemangi mempunyai aroma segar dan kuat. Selain dapat digunakan untuk lalapan,  ternyata kemangi juga mampu mengusir serangga secara alami sehingga tidak khawatir digigit nyamuk.

6. Bawang Putih

Bawang putih lebih dikenal sebagai bumbu dalam masakan. Namun, ternyata bawang putih juga bermanfaat untuk mengusir nyamuk.

7. Tapak Dara atau Geranium

Ciri khas tanaman ini adalah mempunyai bunga berukuran kecil dan aroma yang kuat. Tanaman hias ini bermanfaat untuk mengusir nyamuk karena tapak dara mengandung geraniol dan sitronela.

Dear Ladies sudah semestinya kita selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar terhindar dari gigitan nyamuk yang bisa mendatangkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi kesehatan.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Hubungi Kami