7 Makanan Khas yang Wajib Dicoba saat Berkunjung ke Solo, Ladies Dijamin Ketagihan!

Hai, Smart Ladies!
Solo adalah salah satu kota budaya yang terkenal di Jawa Tengah. Solo memang tidak mempunyai spot wisata asyik seperti yang ditawarkan Yogyakarta, Klaten, dan Karanganyar. Namun, makanan khas kota ini bisa menutupi kekurangan tersebut.

Makanan khas Solo ternyata memiliki daya tarik tersendiri dan harus dicicipi saat berlibur ke sana. Inilah 7 makanan khas Solo yang wajib Ladies coba.

1. Nasi Liwet

Nasi liwet adalah makanan paling khas di Kota Solo. Makanan ini terdiri atas nasi putih gurih yang disajikan dalam pincuk daun pisang, dilengkapi dengan sayur labu siam, suwiran ayam, dan telur kuning kukus. Rasanya makin nikmat dengan tambahan aren, yaitu santan kental dan gurih.

2. Selat Solo

Selat Solo adalah makanan khas Solo yang terpengaruh cita rasa Eropa. Pada zaman penjajahan Belanda, warga pribumi Solo tertarik dengan salad. Namun, karena tidak cocok dengan lidah orang Jawa, salad kemudian dimodifikasi menjadi Selat Solo. Kata selat konon berasal dari kata dalam bahasa Belanda “slaatje” yang berarti salad.

Makanan khas ini terdiri dari irisan daging serupa steak, telur kukus, buncis, wortel, kentang, dan daun selada yang disiram dengan kuah semur.

3. Pecel Ndeso

Pecel adalah makanan yang sangat biasa bagi pecinta kuliner. Namun, di Solo, ada satu hidangan pecel yang unik dan berbeda dari pecel pada umumnya, yaitu pecel ndeso.

Pecel ndeso disajikan bersama nasi merah dalam wadah pincuk daun pisang. Sambal kacangnya dicampur dengan wijen hitam yang telah disangrai sehingga rasanya gurih. Sayuran yang disajikan juga lebih beragam, seperti daun kenikir, kembang turi, jantung pisang, daun pepaya, dan taoge. Rasa pecel ini makin mantap dengan tambahan kerupuk karak di atas sayuran.

4. Tengkleng

Masakan ini mirip gulai, tetapi kuahnya lebih cair dan berisi tulang kambing dengan sedikit daging yang masih melekat. Penyajiannya dalam pincuk daun pisang juga menjadi sensasi tersendiri. Kita bisa langsung menyeruput kuah tengkleng dari pincuknya.

5. Brambang Asem

Jika Ladies ingin merasakan makanan khas tempo dulu, silakan mencicipi brambang asem. Makanan ini terbuat dari daun ubi jalar rebus dan disiram dengan sambal yang terbuat dari cabai, terasi, gula jawa, bawang merah (brambang), dan asam (asem). Brambang asem lebih nikmat disantap dengan tempe gembus atau tempe ampas tahu.

6. Tahu Kupat

Seperti namanya, hidangan ini didominasi tahu dan kupat (ketupat). Tahu putih yang dipotong berbentuk dadu dan digoreng menjadi ciri khas masakan ini.

Untuk menikmatinya, sajikan ketupat potong bersama mi basah, taoge, tahu goreng, potongan bakwan, dan taburan kacang goreng. Lalu, siram dengan bumbu kecap manis yang encer. Sebagai pelengkap, tambahkan telur dadar dan kerupuk. Untuk menambah rasa pedasnya, tambahkan ulekan cabai rawit merah.

7. Sate Buntel

Sate ini terbuat dari daging cacah yang dibungkus lapisan lemak tipis, lalu dibakar. Aroma menggoda dari lemak pembungkus yang dibakar inilah yang menjadi ciri khas sate buntel. Sate buntel disajikan dengan bumbu kecap, irisan bawang merah, daun kol, jeruk nipis, dan rawit iris

Nah, Ladies, jangan lupa mencoba tujuh makanan di atas saat berlibur ke Solo, ya! Ladies dijamin ketagihan!

 

Sumber gambar utama : tripzilla.id

Related posts

Leave a Comment