Kecantikan

7 Langkah Perawatan Wajah setelah Memakai Masker

Selama masa pandemi, pemerintah menganjurkan kita untuk memakai masker bila beraktivitas di luar rumah. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain. Namun, bagi beberapa orang dengan jenis kulit sensitif, pemakaian masker menimbulkan masalah baru. Masker yang menutupi sebagian besar area wajah, bisa memicu pertumbuhan jerawat, membuat kulit menjadi kering, atau meningkatkan produksi minyak.
Untuk mengatasi masalah tersebut, Ladies bisa mencoba tujuh perawatan area wajah berikut ini.

1. Memakai Pembersih Wajah Berformula Ringan

Bersihkan area wajah sebelum dan sesudah memakai masker. Pemakaian masker dalam jangka waktu lama, bisa membuat produksi minyak berlebih dan meningkatkan kelembapan. Untuk itu, Ladies harus lebih sering membersihkan wajah dibanding sebelum masa pandemi. Pilihlah pembersih wajah dengan formula yang ringan agar tidak merusak kelembapan alami kulit. Bila mengalami gangguan jerawat serius, pilihlah pembersih wajah yang mengandung salicylic acid.

2. Memakai Pelembap

Setiap kali selesai membersihkan area wajah, jangan lupa untuk memakai pelembap. Rutin mengaplikasikan pelembap bertujuan membantu kulit mempertahankan kelembapan alaminya, mengurangi risiko iritasi, serta menjaga dan memperbaiki tekstur kulit wajah.

3. Merias Wajah Seperlunya

Hindari mengaplikasikan make up yang berlebihan khususnya pada area wajah yang tertutup masker. Riasan yang terlalu tebal akan menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga wajah kesulitan bernapas dan muncul jerawat yang meradang. Cukup oleskan tabir surya, pelembap wajah, dan balurkan bedak tipis pada area wajah yang tertutup masker, ya, Ladies.

4. Menggunakan Spray Water

Ladies bisa menggunakan spray water agar wajah tidak menjadi kering akibat pemakaian masker secara terus-menerus. Alat yang satu ini praktis digunakan di mana saja dan kapan saja, saat kulit wajah terasa kering. Bila alat ini tidak tersedia, Ladies bisa menggantinya dengan mencuci muka menggunakan air bersih.

5. Memakai Rangkaian Perawatan Wajah Berjerawat

Kosmetik untuk perawatan wajah berjerawat biasanya mengandung bahan khusus yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak yang berlebih. Hal ini juga membantu agar jerawat yang muncul tidak meradang dan bertambah parah.

6. Memakai Masker Wajah

Ladies bisa memasukkan masker wajah ke dalam daftar kosmetik untuk perawatan wajah secara rutin. Pilih masker yang praktis dan mudah digunakan karena akan lebih sering dibutuhkan. Untuk jenis kulit kering, lebih baik menggunakan masker berbahan lidah buaya. Untuk kulit normal, pilihlah masker berbahan tree tea atau charcoal, sedangkan untuk wajah berminyak, masker dengan kandungan acne prone adalah yang paling tepat.

7. Minum Air Putih

Jangan lupa untuk minum air putih minimal dua liter sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Kurang cairan tidak hanya akan memperburuk kondisi kulit wajah, tetapi juga kesehatan tubuh.
Selain melakukan perawatan ekstra pada area wajah, Ladies juga wajib memperhatikan jenis masker kain yang digunakan. Pilihlah masker dengan bahan katun yang lembut dan rutinlah mengganti masker setelah empat jam atau bila masker telah terasa lembap.
Selalu patuhi anjuran pemerintah untuk tetap di rumah saja kecuali ada hal yang penting dilakukan di luar rumah, ya, Ladies.

 

 

Tags
Show More

ncsuryani

a momwriterpreuner of two boys who loves to write and read

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close