7 Jamu Tradisional yang Ampuh Bikin Badan Sehat dan Bugar

Hai, Smart Ladies!

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, misalnya dengan memperbaiki pola makan atau rutin berolahraga. Selain cara tersebut, ada lagi cara yang cukup ampuh untuk menjaga kesehatan, yaitu minum jamu tradisional.

Jamu adalah minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti akar-akaran, dedaunan, buah, batang, dan lainnya. Jamu sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit, memperkuat daya tahan, dan menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini adalah tujuh bahan dan manfaat jamu tradisional yang bisa Ladies konsumsi agar tubuh semakin sehat dan bugar.

1. Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam sangat populer bagi kaum hawa. Manfaat jamu berwarna kuning ini antara lain melancarkan siklus dan meredakan rasa nyeri atau kram saat menstruasi. Kandungan kunyit dalam jamu ini berguna untuk membakar lemak sehingga dapat mempercepat proses pencernaan. Jika Ladies ingin langsing, minumlah jamu kunyit asam ini.
Kunyit juga sangat baik untuk kulit. Sifat anti inflamasi dan antioksidan yang terkandung dalam kunyit akan membuat kulit lebih sehat dan cerah. Selain itu, jamu kunyit asam juga dapat mengurangi kadar gula darah sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

2. Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur terbuat dari kencur, asam jawa, gula, dan jahe. Jamu ini bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan serta mengatasi masuk angin dan flu.
Kandungan antioksidan dalam kencur berguna untuk meredakan peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jika diminum saat lelah, jamu yang rasanya manis dan segar ini akan membuat tubuh Ladies lebih bugar.

3. Jamu Cabai Lempuyang

Bahan dasar jamu cabai lempuyang adalah cabai jamu dan lempuyang dengan bahan tambahan temu ireng, temu lawak, jahe, adas, pulosari, kunyit, merica, dan lain-lain. Sebagai pemanis, Ladies bisa menambahkan gula merah atau gula putih.
Manfaat jamu cabai lempuyang, antara lain menghilangkan pegal-pegal, nyeri pinggang, mengatasi kesemutan, mencegah anemia, dan mengobati kram otot.

4. Jamu Uyup-Uyup/Gepyokan

Bahan dasar jamu gepyokan adalah kencur, jahe, bangle, laos, kunyit, temu lawak, lempuyang, dan temu giring. Manfaat jamu ini adalah meningkatkan stamina, memperlancar ASI, mengatasi bau badan, melancarkan pencernaan, dan mengobati masuk angin.

5. Jamu Sinom

Jamu sinom terbuat dari campuran air asam jawa, kunyit, dan daun asam muda. Jika Ladies sedang diet, jamu ini dapat mendetoksifikasi tubuh. Jika dikonsumsi saat menstruasi, jamu ini dapat mengurangi rasa nyeri. Jamu sinom juga dapat mengatasi keputihan dan melancarkan buang air besar.

6. Jamu Pahitan

Bahan dasar jamu ini adalah tanaman sambiloto yang sangat pahit. Namun, di balik rasa pahitnya, jamu ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh.
Manfaat jamu pahitan antara lain mengontrol gula darah, meredakan kembung, menurunkan kadar kolesterol, dan membersihkan darah kotor sehingga kulit wajah menjadi cerah.

7. Jamu Kunci Sirih

Seperti namanya, jamu ini dibuat dari rimpang kunci dan daun sirih. Bahan tambahan lainnya adalah buah asam yang masak, gula pasir, dan gula merah sebagai pemanis, serta sedikit garam. Manfaat jamu kunci sirih untuk sari rapat, mengatasi keputihan, dan mengencangkan perut.

Mengonsumsi jamu secara rutin tentu akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Namun, jangan lupa juga untuk tetap mengatur pola makan dan rutin berolahraga agar kesehatan mental dan fisik Ladies tetap terjaga. Selamat mencoba.

Related posts

Leave a Comment