Parenting

7 Cara Rahasia Mengajarkan Anak-Anak Membaca dan Mencintai Buku

Hai, Smart Ladies!
Buku adalah salah satu benda ajaib yang memiliki banyak manfaat. Melalui buku, kita bisa mengetahui banyak hal, mengunjungi banyak tempat, dan melihat beragam keindahan. Namun, untuk merasakan semua manfaat tersebut, kita wajib berteman dahulu dengan buku. Itulah sebabnya sangat penting untuk menanamkan pada anak-anak agar mencintai buku sejak dini.
Hanya saja, di masa modern dan era digital sekarang ini, keberadaan buku tergeser oleh gawai. Buku mulai ditinggalkan dan banyak anak tidak suka membacanya. Namun, tidak ada kata terlambat, kita bisa mulai mengenalkan buku kepada anak-anak. Ladies bisa mencoba beberapa cara rahasia berikut agar si kecil gemar membaca dan mencintai buku.

1. Beri Kebebasan Memilih

Agar anak menjadi tertarik pada buku, berikanlah kebebasan kepada mereka untuk memilih sendiri buku yang mereka sukai. Ladies bisa mengajak anak-anak ke perpustakaan yang memiliki koleksi buku anak lengkap. Saat memiliki dana lebih, ajak buah hati ke toko buku dan membeli buku favorit mereka.

2. Bacakan Cerita sebelum Tidur

Sebelum tidur, bacakan cerita untuk anak-anak. Lakukan secara rutin, ya. Kebiasaan ini bisa membuat anak terbiasa membaca buku dan mengeratkan hubungan Ladies dan si kecil. Agar lebih menarik, Ladies bisa membaca dengan beragam cara dan suara. Buatlah suara yang berbeda untuk setiap karakter yang ada dalam cerita. Ladies bisa menirukan suara binatang, juga memberikan ekspresi marah atau sedih sesuai ceritanya.

3. Variasikan Bacaan

Tak hanya buku tertentu, Ladies juga bisa mengenalkan komik, koran, majalah, bahkan brosur. Kenalkan beragam media cetak dengan cerita, gambar, atau warna-warna yang menarik agar si kecil merasakan serunya membaca.

4. Ajak Anak Berinteraksi dengan Buku

Bila saat libur tiba, mulailah ajak anak-anak mengunjungi perpustakaan dan toko buku secara rutin. Buatlah kartu anggota perpustakaan agar bisa meminjam buku secara berkala atau rutin membeli di toko buku. Bila memungkinkan, mulailah berlangganan majalah atau koran.

5. Sediakan Perpustakaan di Rumah

Aturlah sebuah ruang atau satu sudut di rumah untuk diisi rak yang penuh dengan buku. Berikan tempat khusus bagi si kecil untuk menyimpan dan menata sendiri buku-bukunya. Ladies bisa mengajak anak-anak menghias dan mendesain rak tersebut sebagus mungkin.

6. Gunakan Buku sebagai Bahan Obrolan

Saat menghabiskan waktu bersama keluarga, ajak si kecil membicarakan tentang buku. Sebagai contoh, saat menonton film tentang sifat dan perilaku buruk seorang tokoh, Ladies bisa menguatkannya dengan buku yang pernah dibaca anak-anak.

7. Jadilah Panutan

Anak akan meniru apa pun yang dilihat dari orang tuanya sehingga memberi contoh adalah cara paling efektif agar anak-anak menaati suatu perintah. Bila Ladies ingin anak-anak mencintai dan terbiasa membaca buku, berikanlah contoh. Tanpa disuruh dan diperintah, bila orang tuanya selalu membaca buku, dengan sendirinya anak-anak akan melakukan hal yang sama.
Membiasakan anak dengan aktivitas membaca buku bukan hal yang sulit asalkan kita sebagai orang tua mau berusaha. Ladies, banyak membaca membuat seseorang menjadi lebih berwawasan, berilmu pengetahuan, dan bersikap lebih bijak. Yuk, coba terapkan 7 cara di atas agar anak-anak mulai mengenal dan mencintai buku.

 

0 Reviews

Write a Review

Tags
Show More

ncsuryani

a momwriterpreuner of two boys who loves to write and read

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close