Makna Merdeka untuk Naka Usia Dini [shutterstock/kumparan.com]

7 Cara Mengenalkan Makna Kemerdekaan untuk Anak Usia Dini

Negara Indonesia genap berusia 77 tahun pada 17 Agustus nanti. Ini adalah momen bersejarah untuk bangsa Indonesia. Tidak hanya orang tua, tetapi anak-anak pun dapat dilibatkan untuk memperingatinya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengenalkan makna kemerdekaan pada anak usia dini. Namun, tentu saja harus disesuaikan dengan tahapan perkembangannya.

Mengenalkan makna kemerdekaan untuk anak usia dini membutuhkan perhatian khusus. Setiap rentang usia anak akan memerlukan cara yang berbeda. Semua harus disesuaikan dengan kemampuan anak-anak mencerna sebuah informasi.

Ladies, berikut adalah 7 cara mengenalkan makna kemerdekaan untuk anak usia dini yang dapat dilakukan di rumah.

  1. Mengenalkan Nama Negara Indonesia

Indonesia akan menjadi salah satu identitas anak-anak. Orang tua dapat memperkenalkan kata “Indonesia” dengan cara sering menyebutkannya dalam percakapan sehari-hari. Sama halnya dengan identitas diri yang lain, Indonesia juga dapat diingat oleh anak-anak karena sering mendengar dan menyebutkannya.

  1. Mengenalkan Bendera Merah Putih

Memasang bendera merah putih di rumah dapat menjadi salah satu cara menanamkan nasionalisme kepada anak. Orang tua juga dapat menceritakan arti bendera merah putih bagi bangsa Indonesia. Agar lebih seru, dapat juga mengajak anak-anak untuk hormat seperti sedang melakukan upacara bendera.

  1. Menyanyikan Lagu Kebangsaan

Orang tua dapat mengajak anak untuk mendengar dan mengikuti lagu kebangsaan. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan informasi kebangsaan dengan cara yang menyenangkan. Pilihlah lagu sederhana yang menggambarkan semangat, patriotisme, dan cinta tanah air agar semua itu dapat tertanam dalam benak mereka.

  1. Membaca Buku Cerita Tema Kemerdekaan

Buku cerita adalah media yang efektif untuk mengenalkan berbagai kisah kemerdekaan. Pilihlah cerita yang sesuai dengan tingkatan usia anak sehingga akan lebih mudah menyampaikannya. Buku yang dipilih dapat disesuaikan dengan usia anak, baik itu menggunakan cerita bergambar maupun media digital.

  1. Mengenalkan Nama Pahlawan

Ada banyak nama pahlawan yang dapat dikenalkan kepada anak. Kenalkanlah para pahlawan ini secara bertahap melalui cerita sederhana. Pada saat mengenalkan nama pahlawan, orang tua juga dapat memasukkan nilai karakter positif, seperti berani, cinta tanah air, atau dapat membedakan hal benar dan salah.

  1. Menyaksikan Upacara HUT RI

Upacara bendera merupakan sebuah seremonial yang mengandung banyak makna. Anak-anak dapat diajak menyaksikannya secara langsung ataupun virtual. Sampaikan kepada mereka tentang aturan mengikuti kegiatan upacara. Hal ini akan mengenalkan mereka untuk bersikap disiplin.

  1. Mengunjungi Museum

Ada banyak museum bersejarah bagi bangsa Indonesia. Ajaklah anak-anak berkunjung ke sana. Saat melihat beberapa benda bersejarah, rasa ingin tahu mereka akan muncul. Inilah kesempatan bagi orang tua untuk menjelaskannya.

Itulah 7 cara mengenalkan makna kemerdekaan untuk anak usia dini. Semoga bermanfaat, ya, Ladies!

Editor: Haeriah Syamsuddin

#tantangan10harimenulisartikel

#joeraganartikel

#kemerdekaan

About Nonz Ati

Nonz Ati

Check Also

5 Tips agar Anak Patuh kepada Orang Tua

Halo, Smart Ladies! Kadang kala, kita menghadapi kenyataan bahwa anak-anak zaman sekarang yang suka membangkang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.