6 Cara Alami Memberantas Kutu Rambut pada Anak-Anak

  • Whatsapp
Cara Alami Memberantas Kutu Rambut pada Anak-Anak [pixabay.com]

Halo, Smart Ladies!

Jika mendengar kata kutu rambut, Ladies pasti segera membayangkan serangga-serangga kecil menyebalkan yang membuat kepala terasa gatal. Keberadaan kutu pada rambut anak-anak akan membuat mereka tidak bisa tidur nyenyak dan belajar dengan tenang karena terganggu oleh rasa gatal. Kutu rambut ini memang sulit kita berantas. Terkadang, sudah diberantas pun, kutu masih bisa kembali lagi.

Bacaan Lainnya

Kutu rambut sebenarnya juga bisa menyerang orang dewasa, tetapi lebih sering muncul dan berkembang biak di kepala anak-anak. Kondisi ini kemungkinan terjadi karena anak-anak sangat aktif sehingga mereka sering berkeringat. Akibatnya, rambut dan kepala menjadi lembap. Memang ada obat kutu rambut yang beredar di pasaran dengan kandungan bahan kimia yang diklaim aman bagi anak-anak. Namun, obat-obatan tersebut tidak serta-merta membuat kutu hilang sehingga harus digunakan berulang kali.

Selain itu, kandungan bahan kimia di dalam obat kutu membuat sebagian ibu merasa khawatir untuk menggunakannya sehingga lebih memilih penggunaan bahan-bahan alami. Bahan dan cara menghilangkan kutu secara alami dipercaya lebih aman bagi anak-anak, meskipun memang harus lebih sabar agar hasilnya memuaskan.

Ladies, mari simak beberapa cara berikut untuk menghilangkan kutu rambut.

1. Serit

Pilihan pertama untuk menghilangkan kutu adalah dengan menggunakan serit. Serit mudah kita dapatkan di berbagai toko dan cara menggunakannya pun sangat mudah. Agar lebih efektif, balur rambut dengan minyak kelapa terlebih dalulu sebelum menggunakan serit. Ladies juga bisa menggunakan serit pada saat kondisi rambut masih basah setelah keramas.

2. Minyak Kelapa

Sejak zaman dahulu, minyak kelapa dipercaya bisa memberantas kutu rambut. Minyak kelapa mengandung asam lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Lumuri rambut dan kulit kepala dengan minyak kelapa, lalu diamkan selama beberapa jam. Setelah itu, sisirlah rambut menggunakan serit. Minyak membuat kutu sulit bergerak. Selain itu, telur kutu akan lebih mudah lepas dari rambut ketika disisir dengan menggunakan serit. Penggunaan minyak kelapa secara rutin selain dapat mencegah kutu rambut kembali muncul juga membuat rambut menjadi sehat dan tampak berkilau.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga dapat kita gunakan untuk mengusir kutu rambut. Ladies bisa memeras jeruk nipis, mencampurkan sedikit air pada perasan, lalu memasukkan larutan tersebut ke dalam sebuat botol semprot kecil. Semprotkan larutan jeruk nipis secara merata pada rambut dan kulit kepala, pijatlah sebentar, lalu tutuplah kepala dengan menggunakan shower cap atau topi mandi. Diamkan rambut selama beberapa jam, kemudian cucilah dengan menggunakan sampo.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang dikenal berkhasiat bagus bagi kulit ternyata juga sangat baik untuk merawat rambut, termasuk untuk memberantas kutu. Sama dengan penggunaan minyak kelapa, Ladies bisa membalurkan minyak zaitun ini pada rambut dan kulit kepala secara merata, lalu sisirlah dengan menggunakan serit. Ladies juga bisa mendiamkannya selama beberapa jam agar kandungan dalam minyak zaitun lebih meresap ke batang rambut dan kulit kepala. Cara ini selain dapat memberantas kutu juga bisa membuat rambut menjadi sehat dan berkilau.

5. Cuka Apel

Ladies bisa mencampurkan beberapa sendok cula apel, lalu mengoleskannya pada rambut dan kulit kepala. Kandungan asam dalam cuka dipercaya mampu memberantas kutu rambut beserta telurnya. Namun, cuka apel mengandung asam yang tinggi sehingga perlu diencerkan agar tidak menimbulkan iritasi. Campurkan beberapa sendok cuka apel dan air lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala.

Kita juga bisa memasukkan larutan cuka ke dalam botol semprot, kemudian menyemprotkannya secara merata pada rambut dan kulit kepala. Setelah itu, tutuplah rambut dengan menggunakan topi mandi. Beberapa jam kemudian, Ladies bisa membuka penutup kepala, lalu cucilah rambu seperti biasa.

6. Minyak Kemiri

Minyak kemiri memiliki bau yang menyengat sehingga banyak anak yang tidak menyukainya, padahal minyak ini sangat bagus untuk pertumbuhan rambut. Penggunaan minyak kemari sama seperti minyak kelapa dan minyak zaitun.

Menggunakan cara alami untuk memberantas kutu rambut memang hasilnya tidak secepat ketika menggunakan obat kutu berbahan kimia. Ladies harus menggunakannya selama beberapa kali hingga kutu benar-benar mati. Menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan kutu memang perlu kesabaran, tetapi sebenarnya, produk-produk natural tersebut lebih aman bagi si buah hati. Untuk menjaga agar kutu rambut tidak kembali lagi, ajarkan anak untuk keramas dengan bersih setiap habis berolahraga atau bermain bersama teman-temannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *