Joeragan artikel

5 Tips Tetap Bahagia dan Produktif di Usia Senja

5 Tips Tetap Bahagia dan Produktif di Usia Senja

Dear Smart Ladies, usia dan waktu terus berjalan. Tidak terasa, orang tua yang dahulu sibuk mengurus anak-anak, mulai dari menyiapkan sarapan hingga mengantar jemput sekolah dan les, tiba-tiba saja merasa kesepian. Anak-anak sudah beranjak dewasa dan memiliki aktivitas sendiri. Apakah Ladies sudah berada pada tahap ini?

Smart ladies, sebelum masa itu tiba tanpa disadari, ada baiknya saat ini kita sudah membuat daftar dan memilih jenis aktivitas yang kelak akan dikerjakan agar tetap produktif di usia senja. Berikut ini beberapa hal yang bisa Smart Ladies lakukan nantinya.

 

1. Bergabung dengan Komunitas atau Organisasi Sesuai Hobi

Smart Ladies bisa meluangkan waktu, misalnya satu pekan sekali, dengan bergabung bersama komunitas yang mempunyai kesamaan hobi. Saat ini, banyak komunitas yang dibentuk berdasarkan hobi, misalnya komunitas jual-beli, agama, pengusaha, craft, atau apa saja. Dengan demikian, Ladies bisa menyalurkan passion dan bertemu dengan orang lain yang memiliki kesamaan hobi.

 

2. Tekuni Hobi dengan Serius

Ladies yang memiliki hobi tertentu dapat mulai lebih serius menekuninya sejak usia 30 tahun. Setelah sepuluh tahun, Ladies akan menjadi seorang yang ahli, walaupun hanya berasal dari hobi. Sebagai contoh, jika memiliki hobi menulis, kita bisa mulai menekuninya dari sekarang dan mempunyai karya, misalnya satu bulan satu karya. Ladies yang hobi memasak juga bisa merekam kegiatan itu dan mengunggahnya di YouTube sekali seminggu. Jadi, Ladies bisa memutar ulang rekaman tersebut sewaktu-waktu. Bayangkan, jika ini dilakukan secara konsisten selama 10 tahun, sudah berapa banyak karya yang kita hasilkan?

3. Menjadi Investor Kecil-kecilan

Sekarang ini, banyak tawaran investasi yang nilainya tidak terlalu besar. Nah, peluang ini bisa Ladies jadikan pilihan investasi kelak di usia yang tidak muda lagi. Dengan begitu, Ladies tetap akan mendapatkan penghasilan dari bagi hasil. Lumayan, kan?

4. Traveling

Bagi yang menyukai traveling tetapi tetap ingin produktif, bergabunglah di bisnis travel, menuliskan cerita ¬traveling-nya dalam blog atau situs web, atau menjadi youtuber.

5. Mengikuti Aktivitas Sosial

Ladies yang suka berbagi bisa mengajar di sekolah-sekolah gratis yang ada di kota masing-masing. Berbagi ilmu juga bisa membuat kita lebih bahagia.

Smart Ladies, semua hal di atas bisa dilakukan tanpa perlu menunggu usia senja. Kita bisa mulai melakukan hal-hal positif tersebut dari sekarang. Ingatlah, waktu akan terus berjalan. Jangan membunuh waktu dengan hanya menunggu dan berpangku tangan. Segeralah melakukan sesuatu, walaupun itu adalah hal sederhana, dan teruslah berlatih dan menjadi lebih produktif.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Hubungi Kami