MotivasiParenting

5 Tips Penguatan Karakter Anak di Bulan Ramadan

Halo, Smart Ladies!

Ramadan adalah bulan yang mulia dan penuh berkah dapat Ladies jadikan momen penting untuk menguatkan karakter anak.

Ada lima nilai karakter utama yang bersumber dari Pancasila, yaitu religius, nasionalisme, integritas, kemandirian, dan kegotongroyongan. Masing-masing nilai tidak berdiri dan berkembang sendiri-sendiri, melainkan saling berinteraksi satu sama lain, berkembang secara dinamis dan membentuk keutuhan pribadi.

Ladies, inilah 5 tips dalam upaya penguatan karakter anak di bulan Ramadan.

  1. Pembiasaan

Membiasakan anak untuk bangun sahur, berpuasa, salat lima waktu, salat tarawih, dan mengaji. Awalnya memang butuh ekstra sabar ya, Ladies. Lambat laun anak akan terbiasa melakukan semua itu, bahkan menyukainya. Cara agar anak senang dan bersemangat berikanlah reward jika anak telah berhasil menjalankannya. Dengan demikian, proses pembiasaan akan berjalan dengan baik dan mudah.

Selain itu, perlu juga dibiasakan untuk hidup sehat, bersih, mandiri, kreatif, kerja keras, cinta damai, mau bekerja sama, dan nasionalisme. Membiasakan diri membantu pekerjaan rumah yang sederhana. Seperti menyapu, mengepel lantai, membantu masak, cuci piring, menjemur baju, dan menyiram tanaman.

  1. Keteladanan

Ibu adalah madrasah pertama dan utama bagi anaknya. Berilah teladan, baik bersikap dan berperilaku dalam keseharian. Tidak cukup hanya dengan kita memerintah saja. Dengan memberikan teladan, pesan, dan pembiasaan yang kita terapkan, anak akan mudah mengikuti dan menjalankannya dengan baik. Itulah pentingnya keteladanan. Anak melihat bahwa orang tuanya juga rutin menjalankan perilaku yang baik.

3.  Bercerita

Bacakanlah cerita tentang keteladanan dan penuh dengan pesan moral. Seperti sirah nabi dan Rasul, dan cerita-cerita tentang keutamaan bulan Ramadan. Dengan rutin dibacakan cerita, pesan moral yang terkandung di dalamnya mampu menguatkan karakter anak. Bacakan cerita setiap malam menjelang tidur. Jadi, bukan televisi yang mengantarkan anak tidur, akan tetapi cerita yang dibacakan orang tuanya.

  1. Bermain Asyik

Ladies, jadilah sahabat terbaik anak. Ciptakan permainan asyik, menyenangkan, dan bermakna. Ikutlah bermain dengan anak dengan mengoptimalkan seluruh pancaindranya. Hal ini dikarenakan anak sudah mampu menemukan pengetahuannya sendiri. Melalui pengalaman langsung, benda nyata, konkret, dan mengoptimalkan seluruh indra. Ladies, bermain asyik dan menyenangkan juga bisa mengalihkan perhatian anak dari gawai.

  1. Doa

Jangan bosan-bosan mendoakaan yang terbaik untuk anak-anak kita ya, Ladies. Selalu berdoa kepada Allah agar anak kita menjadi anak yang berkarakter dan berakhlak mulia. Allah-lah penentu segalanya. Nabi Muhammad saw. bersabda “Berdoalah kepada Allah Swt. dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah Swt. tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai” (HR. Tirmidzi no. 3479). Jadi, berdoalah dengan penuh keyakinan bahwa Allah Swt. akan mengabulkan.

Ladies, itulah 5 tips penguatan karakter anak di bulan Ramadan. Hal ini akan mudah tercapai jika ada kerja sama dengan seluruh anggota keluarga.

Tags
Show More

isti qoriyah

Lahir di Kebumen 09 September 1986. Beralamat di desa Buket Tiga, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh. Juara 1 guru TK Berprestasi tingkat Provinsi Aceh 2019.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close