Lifestyle

5 Tips Mudik Asyik Bersama si Kecil

Halo, Smart Ladies!

Siapa yang tidak pernah mendengar istilah mudik? Mudik merupakan ritual wajib bagi kaum perantau. Mudik lazimnya dilakukan pada momen-momen liburan, entah itu libur hari raya Idulfitri, Natal, maupun saat anak-anak libur semesteran.

Nah, agar perjalanan mudik kita berjalan lancar dan menyenangkan, apa sajakah yang harus kita siapkan? Bagi Ladies yang sudah terbiasa melakukannya tentu tidak jadi masalah besar. Namun, bagaimana jika kita masih memiliki anak kecil untuk dibawa mudik? Tentu sangat berbeda persiapannya. Hal itu jangan menjadikan Ladies khawatir secara berlebihan.

Berikut 5 tips yang harus Ladies perhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik bersama si kecil, jika telah diizinkan mudik.

1. Pastikan Kondisi si Kecil Sehat

Beberapa hari sebelum mudik, pastikan kondisi si kecil sehat. Usahakan anak memperoleh istirahat yang cukup. Jangan paksakan untuk berangkat jika kondisi badannya kurang sehat. Lebih baik atur ulang jadwal keberangkatan, jika Ladies tidak ingin direpotkan si kecil yang pasti akan lebih rewel.

2. Buat Daftar Barang-Barang Keperluan si Kecil

Buatlah daftar barang-barang keperluan si kecil, mulai dari pakaian yang nyaman sampai makanan dan minuman untuk bekal selama di jalan. Siapkan makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi si Kecil dalam wadah tersendiri. Dengan membawa makanan dari rumah di samping lebih hemat tentu saja lebih higienis. Juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan semisal macet sampai tidak bisa menepikan kendaraan di rest area. Jika perlu bawa termos air panas untuk keperluan membuat susu si kecil.

3. Siapkan Tas Khusus

Untuk menyimpan pakaian dan keperluan lain si kecil selama di perjalanan, siapkan tas khusus. Pisahkan dari pakaian yang akan dipakai di tempat tujuan. Ini akan lebih praktis, jika sewaktu-waktu Ladies bermaksud mengganti pakaian si kecil daripada harus membongkar tas besar.

4. Bawa Benda atau Mainan Kesukaan si Kecil

Setiap anak biasanya mempunyai mainan atau benda kesayangan. Entah itu mobil-mobilan, boneka, atau selimut lembut. Barang-barang ini wajib dibawa sehingga anak akan tenang selama perjalanan.

5. Siapkan Obat-obatan Ringan Khusus si Kecil

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan ringan khusus untuk si kecil, seperti obat penurun panas, minyak kayu putih, telon, ataupun obat dari dokter yang biasa dikonsumsi.

Nah, Ladies, itulah tips yang bisa diterapkan jika bermaksud melakukan perjalanan mudik bersama balita atau batita kesayangan.

Selamat menikmati mudik asyik bareng si kecil, ya. Semoga perjalanannya menyenangkan.

0 Reviews

Write a Review

Tags
Show More

rini krismiyati

Ibu rumah tangga, pengajar di SMP Negeri di kab. Serang, Banten. Berhobi membaca, mendengarkan musik, berkebun, traveling, dan dunia literasi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close