5 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Halo, Ladies!

Terkadang kita sering lupa untuk merawat kesehatan mata, padahal kita tahu bahwa mata merupakan satu dari lima indra terpenting dalam tubuh manusia.

Dengan mata yang sehat dan normal, kita bisa menikmati keindahan ciptaan Allah, dengan mata kita juga bisa melihat wajah orang-orang yang kita sayangi.

Seiring bertambahnya usia, fungsi mata mulai berkurang. Untuk memastikan mata kita tetap sehat, berikut adalah tips menjaga kesehatan mata yang diambil dari berbagai sumber.

1. Biasakan Membaca dengan Posisi yang Benar

Selain meningkatkan konsentrasi dan melancarkan sirkulasi peredaran darah, posisi yang tepat saat membaca ternyata dapat mencegah gangguan mata.

Posisi yang benar saat membaca adalah duduk dengan posisi tegak, jarak antara mata dan objek baca 25‐‐30 cm membentuk sudut 60 derajat.

2. Gunakan Pencahayaan yang Cukup Saat Membaca

Cahaya merupakan bagian penting dalam proses penglihatan. Jika cahaya yang masuk ke mata terlalu terang, lebih banyak dari kemampuan mata untuk mengolahnya akan menyebabkan silau. Akibatnya, mata akan berkontraksi dan bekerja terus-menerus untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sehingga mata menjadi cepat lelah dan berair.

Begitu pula yang terjadi jika kita membaca di tempat yang kurang cahaya, akan membuat mata bekerja lebih keras agar bisa fokus.

3. Gunakan Kacamata Antiradiasi

Kacamata anti radiasi memiliki lensa yang mengandung bahan anti radiasi yang dapat menyerap gelombang elektromagnetik sehingga bisa mencegah gejala potensial bagi mata seperti mata lelah, kering.

Telah kita ketahui bahwa ada dua jenis radiasi yang berbahaya, yaitu radiasi sinar UV dari sinar Matahari dan radiasi sinar biru yang berasal dari layar komputer, laptop, dan gawai.

Saat beraktivitas di luar ruangan yang terpapar sinar matahari cukup lama, sebaiknya gunakan kacamata hitam dengan lensa antiradiasi. Fungsinya untuk melindungi mata kita dari paparan sinar UV yang  dapat menyebabkan peradangan kornea mata, katarak, dan gejala mata lainnya.

Begitu pula, jika kita sering menggunakan laptop, komputer, gawai, sebaiknya gunakan kacamata anti radiasi. Paparan radiasi gelombang elektromagnetik akan menyebabkan mata tidak nyaman.

4. Hindari Memakai Lensa Kontak Terlalu Lama

Waktu yang disarankan untuk memakai lensa kontak dalam sehari adalah 10—12 jam. Jika pemakaian lebih dari 12 jam akan timbul masalah pada mata seperti rasa tidak nyaman, mata merah, mata kering, dan rentan terjadi infeksi.

5. Gunakan Mentimun untuk Masker Mata

Selain untuk dikonsumsi, ternyata buah mentimun bisa digunakan untuk masker mata. Mentimun kaya akan vitamin C dan asam folat yang bagus untuk kulit. Vitamin C membantu merangsang pertumbuhan sel-sel baru, asam folat merangsang antioksidan yang berfungsi untuk melawan racun.

Rasa dingin mentimun yang ditempelkan ke mata akan menenangkan mata, mengobati rasa sakit, dan iritasi. Sensasi dingin ini juga bisa meringankan dan menghilangkan lingkaran hitam mata panda.

Itulah lima tips menjaga kesehatan mata yang bisa Ladies coba. Yuk, disiplinkan diri kita menjaga kesehatan mata sebelum mata kita menjadi  parah. Semoga bermanfaat.

Terima kasih

 

About Sri Mulyani

Sri Mulyani

Check Also

Zat Adiktif dalam Makanan, Kegunaan, dan Dampaknya Terhadap Kesehatan

Hai, Smart Ladies! Wanita adalah yang pertama dan utama sebagai penjaga kesehatan diri sendiri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *