MotivasiParenting

5 Tips Menjaga Hati Tetap Tenang Saat Si Kecil Rewel

Membesarkan anak adalah kenikmatan dan kesempatan yang belum tentu bisa terulang. Setiap hari, selalu ada cerita yang berbeda karena bertambahnya kemampuan anak. Perasaan kita kadang bercampur antara bahagia, lelah, dan kesal.

Perjuangan setiap ibu lebih terasa ketika si kecil rewel. Diberi hiburan atau mainan apa pun, hanya tangisan yang menjadi reaksinya. Kesabaran dan energi seperti terkuras, bukan? Meskipun badan tidak banyak bergerak, lelah tak bisa dihindari karena pikiran tak tenang.

Di sisi lain, ibu menjadi salah satu penentu mood bayi. Kondisi hati dan pikiran ibu dapat berakibat pada emosi si kecil. Untuk itu, meskipun lelah atau kesal, seorang ibu disarankan untuk tetap menjaga kewarasannya.

Lima tips berikut bisa Ladies praktikkan agar hati tetap tenang ketika si kecil rewel.

1. Kuatkan Keimanan

Sebagai seorang muslim, kita harus yakin bahwa Allah telah mengatur semua yang terjadi. Apa yang terjadi setiap saat tidak lepas dari skenario-Nya. Tingkah si kecil yang kadang rewel, baik, lucu, atau menguji kesabaran pun tak lepas dari kehendak Allah. Dengan iman yang kuat, kita akan bisa menghadapi sikap si kecil dengan tenang.

2. Niatkan sebagai Ibadah

Anak adalah amanah yang Allah titipkan. Jika saat mengurus anak diniatkan sebagai ibadah, insyaallah, setiap keringat dan kesabaran menjadi bulir amal saleh.

3. Yakin Anak akan Mandiri

Setiap anak akan bertumbuh, kemampuannya bertambah, lalu menjadi mandiri. Sikap rewelnya tidak akan Ladies hadapi lagi. Untuk itu, bersabarlah menghadapi momen kerewelannya!

4. Menanamkan Nilai-Nilai Kebaikan Kepada Anak

Anak adalah peniru yang hebat. Orang tua sebagai orang terdekat adalah sosok yang dijadikan role model. Sikap seorang ibu kepada anak, baik marah-marah maupun sabar, akan direkam oleh memorinya. Ibarat menanam bibit tanaman, kesabaran saat mengurus si Kecil adalah bibit kebaikan yang sedang ditancapkan.

5. Menikmati Prosesnya

“Hadapi, hayati, dan nikmati” adalah kata-kata motivasi yang sering kita dengar. Nikmatilah setiap kondisi yang dialami si kecil karena kesulitan tidak akan selamanya terjadi. Nikmati pula sikap buah hati kita. Dengan menikmati setiap kondisi, hati akan bisa lebih tenang dan pikiran tetap stabil.

Ladies, demikian tips menjaga hati tetap tenang saat si kecil rewel. Setiap anak memiliki momen pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda. Temanilah setiap kondisi yang dialaminya, agar ia tumbuh menjadi generasi yang baik!

Show More

Irma Cantika

Ibu muda yang sedang belajar menjadikan rumah (keluarga) sebagai surga.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close