5 Tips Mendampingi Buah Hati pada Masa Golden Age

  • Whatsapp
Bermain boneka/ pixabay.com

Hai Smart Ladies!

Masa golden age atau periode emas merupakan 1000 hari pertama kehidupan anak alias terjadi pada usia anak 1-5 tahun. Pada masa ini, perkembangan otak dan pertumbuhan fisik anak terjadi secara maksimal. Selain itu perkembangan  kepribadian, perilaku, sikap, dan ekspresi emosi juga berkembang dengan maksimal. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengoptimalkan kesempatan ini dengan senantiasa mendampingi buah hati untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Bacaan Lainnya

Bermain adalah hal yang sangat dekat dengan anak. Perkembangan motorik kasar, motorik halus, berbicara dan interaksi sosial pun terjadi dalam setiap aktivitas bermain anak. Peran orangtua sangat besar untuk memberikan stimulus yang tepat untuk memaksimalkan tahapan tumbuh kembang anak. Berikut adalah hal-hal yang perlu Ladies perhatikan dalam mendampingi buah hati.

 

1. Kenali Setiap Tahap Pertumbuhan Anak Berdasarkan Usia

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah memetakan perkembangan yang terjadi pada setiap usia anak. Kenali setiap fase tumbuh kembang anak seperti usia berapa anak mulai merangkak, berjalan, ataupun berbicara. Jangan lupakan pula perkembangan emosi dan interaksi sosial anak. Kapan anak dapat mulai dikenalkan dengan beragam emosi dan bagaimana respon anak terhadap setiap emosi. Hal ini penting untuk Ladies ketahui karena setiap usia anak akan berbeda perkembangannya.

 

2. Mulai Mencari Aneka Permainan Sesuai Tumbuh Kembang Anak

Berdasarkan dari pemetaan tumbuh kembang atas usia anak di atas, selanjutnya Ladies dapat mengembangkan pemetaannya menjadi jenis permainan yang sesuai dengan tumbuh kembang tersebut. Ladies  dapat menemukan beragam jenis permaianan di dunia maya saat ini. Misalnya, bermain dengan warna untuk stimulasi visual, bermain dengan memindahkan objek ke beragam wadah untuk keterampilan koordinasi gerakan mata dan tangan, bermain flash card  untuk stimulasi kosa kata anak dan sebagainya.

 

3. Dampingi Anak Saat Bermain

 

Nah, Ladies, kehadiran orang tua di sini sangat berpengaruh untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Orang tua yang ikut bermain bersama anak sangat bagus untuk mengisi tangki cinta sang anak. Orang tua dapat mengajarkan anak tentang cara bermain dan bermain bersama. Hal ini tentu akan selaras dengan tujuan dari permainan. Beberapa permainan mungkin hanya akan berjalan sesuai instruksi beberapa menit saja, tak usah berkecil hati, Ladies, gunakan waktu dan kesempatan bermain untuk bersenang-senang dengan buah hati!

 

4. Evaluasi Perkembangan Anak

 

Manfaat dari mendampingi anak bermain dapat kita peroleh disini. Mulai dari pemetaan dan aktivitas bermain telah kita lalui bersama buah hati. Kita pun dapat menarik benang merah antara tujuan permainan dan bagaimana permainan tersebut menstimulasi tumbuh kembang anak. Kita dapat mengetahui kesulitan anak yang dialami selama permainan, baik itu konsentrasi, daya serap, ataupun stimulasi motorik dan verbal anak. Selanjutnya kita dapat merancang permainan selanjutnya sebagai tindak lanjut evaluasi kita. Jangan lupa untuk mengajak anak berkomunikasi tentang bagaimana permainan tersebut baginya! Selain untuk evaluasi, diharapkan bonding kita dengan si kecil semakin hangat.

 

5. Biarkan Anak Menikmati Prosesnya

 

Tujuan dari aneka permainan yang disesuaikan dengan tumbuh kembang anak sebenarnya adalah mempersiapkan buah hati untuk dapat mandiri dan gembira serta mencintainya dirinya sendiri. Jangan terlalu menuntut pencapaian anak ya, Ladies! Nikmati saja prosesnya.

 

Demikian beberapa tips dalam mendampingi buah hati pada masa golden age.  Terkesan repot dan melelahkan ya, Ladies? Tapi tentu sebagai ibu kita ingin memberikan yang terbaik untuk anak, bukan? Mendidik anak yang mandiri dan cerdas tentu tidak instan, tapi percayalah, segala usaha kita yang melelahkan akan terbayar dengan perkembangan optimal buah hati. Masa golden age yang tidak akan terulang pasti sayang untuk kita lewatkan.

Selain itu, masa-masa anak bermain dengan kita paling tidak hanya sampai pada usia golden age ini. Setelah itu, mereka akan lebih menikmati waktu bermain mereka dengan teman sebayanya. Yang tak kalah penting, kebahagian buah hati atas kehadiran kita sebagai orangtua adalah momen yang tak tergantikan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *