InpirasiParenting

5 Tips Kelas Menyenangkan Selama Masa Pandemi COVID-19

Halo, Smart Ladies!

Tidak hanya menjadi tantangan bagi orang tua, metode Proses Belajar Mengajar (PBM) daring (dalam jaringan) yang dilakukan awalnya 14 hari juga memberi tantangan tersendiri bagi para guru, terutama guru yang mendapat amanah sebagai wali kelas. Malah kini waktu PBM daring diperpanjang. Imbauan ini dilakukan oleh pemerintah karena pandemi COVID-19 belum teratasi penyebarannya.

Wali kelas dituntut kreatif dalam memantau atau memberikan motivasi kepada setiap anak di kelasnya. Hal ini dilakukan agar setiap anak tetap aktif mengikuti PBM daring. Selain itu, juga agar proses belajar tidak monoton sehingga anak tidak hanya mengerjakan tugas akademis saja, tetapi juga melakukan kegiatan menyenangkan agar motivasi belajar mereka tetap tinggi.

Namun, mengajar daring secara kreatif dan menyenangkan semua anak tentu bukan perkara mudah bagi sebagian guru atau wali kelas. Berikut lima Tips untuk menciptakan “ruang kelas” menyenangkan yang bisa Ladies terapkan ketika mengajar daring.

 

1. Kelola Kelas dengan Baik

Salah satu tugas tambahan yang diamanahkan kepada guru adalah sebagai wali kelas. Wali kelas diberi amanah untuk mengelola satu kelas di sebuah sekolah atau madrasah. Pengelolaan kelas itu berupa mendata semua anak di kelasnya. Pendataan berupa administrasi semua anak kelas. Data administrasi anak kelas, seperti data keluarga, data sekolah asal, data riwayat kesehatan, dan data lain-lainnya.

Agar Ladies tidak kewalahan dengan tugas wali kelas, luangkan waktu secara khusus untuk melakukan pendataan sebelum pembelajaran dimulai. Jika data-data anak sudah rapi, maka Ladies bisa memfokuskan diri untuk memberikan materi dengan metode-metode mengajar yang lebih kreatif.

 

2. Sabar dan Ikhlas

Wali kelas adalah orang tua kedua bagi semua anak di kelasnya. Ia adalah penanggungjawab kelancaran dan keberhasilan anak-anak di kelas. Sebagai orang tua kedua, tugasnya tidak mudah. Karakter, gaya belajar, dan keunikan setiap anak harus ia ketahui dan pahami dengan baik.

Apalagi setiap anak berasal dari latar belakang keluarga yang berbeda-beda. Hal ini tentu membuat wali kelas harus memiliki banyak metode agar pembelajaran berjalan lancar. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran dan keikhlasan dalam melayani setiap anak di kelas.  Ketika Ladies ikhlas, energi positif pun akan selalu terpancar dan sampai kepada anak-anak di kelas sehingga suasana di kelas akan terasa lebih menyenangkan.

 

3. Membangun Jembatan Hati

Sudah selayaknya wali kelas berperan membangun jembatan hati dengan setiap anak sehingga terjalin kedekatan dan kehormanisan antara wali kelas dan sesama warga kelas. Apabila sudah terbangun jembatan hati, apa pun program atau agenda kelas insyaallah mudah terlaksana.

 

4. Berperan Sebagai Motivator bagi Semua Anak

Wali kelas adalah second parent (orang tua kedua) bagi semua anak di kelas. Setiap anak perlu mendapatkan motivasi agar mereka optimis dalam mengikuti semua program pembelajaran di sekolah atau madrasah. Yakinkan setiap anak  tidak ada yang bodoh. Anak adalah manusia. Manusia mempunyai keunikan atau kelebihan yang tidak dimiliki oleh manusia lainnya. Oleh karena itu, anak mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh anak lainnya.

Selalu tanamkan pada anak  ikhtiar atau usaha untuk belajar maksimal. Setiap tidak lupa dibarengi dengan  doa kepada Allah Yang Maha Tahu. Allah Maha Pemberi hidayah atau petunjuk kepada setiap hamba-Nya. Insyaallah setiap anak memperoleh hasil  yang terbaik. Aamiin.

 

5. Pastikan Semua Anak Tetap Mendapat Perhatian

Pada  masa social distancing (pembatasan sosial) karena pandemi COVID-19,  semua sekolah atau madrasah melaksanakan proses belajar mengajar jarak jauh. Setiap anak membutuhkan wali kelas sebagai second parent  untuk memantau keikutsertaan mereka dalam pembelajaran daring saat guru mata pelajaran memberikan materi pelajaran setiap harinya.

Pastikan setiap anak mendapat perhatian. Dengan demikian, mereka semangat mengikuti PBM  daring. Insyaallah mereka adalah anak-anak terbaik bagi orang tua, begitu juga bagi second parent.  Anak-anak tetap the best walaupun masa pandemi COVID-19

 

Nah, itulah 5 tips yang bisa Ladies terapkan agar “ruang kelas” tetap berjalan menyenangkan walaupun belajar jarak jauh. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

Tags
Show More

Marlina Djalis

Marlina Guru MAN 1 Kota Padang

Related Articles

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close