5 Tips Asyik Berbelanja Hemat untuk Ibu Rumah Tangga

Hai, Smart Ladies!


Ibu rumah tangga mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah rumah tangga. Tugasnya sangat kompleks sejak bangun tidur hingga berangkat tidur lagi. Jadi, tidak ada salahnya jika sesekali seorang ibu menghabiskan waktu luangnya untuk berjalan-jalan sambil berbelanja di luar rumah, baik di pasar modern (swalayan) maupun di pasar tradisional 

Ibu rumah tangga sering kali kurang bisa berhemat saat berbelanja di swalayan. Catatan kebutuhan sudah dibuat sesuai anggaran yang tersedia, tetapi tetap saja barang-barang yang belum dibutuhkan ikut terbeli. Lalu, bagaimana cara efektif agar kita bisa tetap asyik berbelanja tanpa melebihi anggaran? Berikut ulasannya.

 

1. Berbelanja Seminggu Sekali

Ada sebagian orang yang terlalu sering berbelanja di swalayan karena banyaknya kebutuhan. Kebiasaan tersebut sebenarnya bisa diubah dengan berbelanja seminggu sekali saja. Mulailah dengan membuat daftar kebutuhan rumah tangga, kemudian tempel di tempat yang mudah dilihat. Setiap kali ada barang yang stoknya habis, segera tulis di daftar kebutuhan tersebut dan gunakan saat berbelanja mingguan. Dengan demikian, kita tidak perlu bolak-balik ke swalayan untuk membeli kebutuhan rumah tangga. 

 

2. Hindari Menggunakan Troli

Sebuah swalayan biasanya menyediakan tempat atau tas khusus untuk membawa belanjaan. Jenis dan ukuran tempat atau tas yang dipilih ternyata memengaruhi hemat atau tidaknya seseorang berbelanja. 

Pilih tempat belanjaan sesuai kebutuhan. Jika hanya membeli beberapa barang, gunakan keranjang kecil saja. Jangan menggunakan troli karena memungkinkan kita berbelanja barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan.

 

3. Pilih Tempat Berbelanja yang Paling Hemat

Untuk menentukan kebutuhan rumah tangga yang akan dibeli, upayakan mencatat sembako dan kebutuhan rutin lainnya yang paling penting dan harus segera tersedia. Jangan lupa cantumkan juga harganya. Bandingkan harga belanjaan di swalayan dengan pasar. Jika terdapat perbedaan yang signifikan, pilihlah tempat berbelanja yang paling menguntungkan.

 

4. Manfaatkan Diskon

Untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan pembeli, swalayan-swalayan berlomba memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Salah satu bentuknya adalah pemberian diskon. 

Bagi ibu rumah tangga, penawaran diskon menjadi hal menyenangkan dan tidak boleh dilewatkan. Sekarang, banyak swalayan yang menginformasikan diskon melalui media sosial, selebaran, atau spanduk sehingga kita mudah mengetahui swalayan yang sedang menawarkan diskon. Manfaatkan kesempatan ini untuk bisa berhemat.

 

5. Jangan Tergoda Kemasan

Banyak produk yang memiliki kemasan menarik. Sebenarnya, kemasan tidak bisa menjadi indikator kualitas produk. Namun, biasanya pembeli langsung menyimpulkan sebuah produk memang baik dan berkualitas jika kemasan luarnya menarik. Ada hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu keutuhan kemasan dan tanggal kedaluwarsanya.

 

Berbelanjalah sesuai kebutuhan, bukan keinginan! Di samping bisa berhemat, Ladies juga bisa hidup nyaman tanpa utang. Apakah Ladies sudah siap untuk berbelanja hemat?

Related posts

Leave a Comment