Lakukan Aktivitas Bersama Anak [Diana Cibotari from Pixabay]

5 Tips agar Anak Patuh kepada Orang Tua

Halo, Smart Ladies!

Kadang kala, kita menghadapi kenyataan bahwa anak-anak zaman sekarang yang suka membangkang dan membantah orang tua, membuat kita pusing dan kewalahan menghadapi mereka. Di satu sisi, kita berharap memiliki anak-anak yang baik, taat, saleh dan salihah, serta patuh.

Nah, agar anak patuh kepada orang tua, berikut lima tips yang bisa Ladies terapkan.

1. Dengarkan Keinginan Anak

Adakalanya, kita sebagai orang tua merasa benar sendiri. Kita suka memaksakan kehendak kepada anak sehingga ia membangkang. Coba luangkan 10—15 menit sehari, khusus satu anak untuk mendengarkan kemauan dan harapannya dari orang tua. Dengan demikian, kita tahu cara menghadapi dan mengambil sikap terhadap harapan mereka.

2. Lakukan Aktivitas Bersama

Kadang, karena tuntutan pekerjaan yang banyak, kita menjadi lupa membiarkan anak bermain sendiri. Mereka beraktivitas sendiri tanpa pendampingan. Hal ini menyebabkan anak merasa diabaikan.

Mulai sekarang, yuk, Ladies dampingi putra putrinya saat belajar atau beraktivitas! Adapun manfaatnya adalah untuk membangun ikatan dengan anak agar anak merasa kita sayang dan perhatikan. Dengan demikian, mereka menjadi patuh kepada orang tuanya.

3. Membuat Jadwal Kegiatan

Dengan memiliki jadwal kegiatan yang jelas, orang tua dan anak mengetahui arah tujuannya, aktivitas keluarga menjadi teratur dan disiplin. Orang tua tinggal mengingatkan dan memantau kegiatan anak. Dari kegiatan ini, anak menjadi patuh dan disiplin pada jadwal, serta patuh kepada orang tua.

4.Perkuat Rukiah Anak

Di era sekarang pergaulan dan tontonan anak banyak mengajarkan pada kekerasan yang jauh dari tuntunan. Pondasi agama yang kuat membuat anak tidak terombang- ambing dengan berbagai pengaruh dari luar.
Mengajarkan agama dengan baik modal utama agar anak menjadi patuh. Dengan cara menceritakan kisah-kisah teladan yang bisa diambil dari Al-Qur’an atau buku-buku referensi yang menggugah hati dan perasaannya, anak menjadi tersentuh ruhnya. Akhirnya, mereka menyadari bahwa patuh dan hormat kepada orang tua adalah kewajiban dan perintah Allah Swt.

5. Doa

Doa adalah hal terpenting agar semua keinginan dan harapan kita bisa terwujud. Dengan doa, kita meminta kepada Allah Swt. agar urusan-urusan kita dimudahkan, terutama menjadikan anak yang patuh, saleh dan salihah adalah dambaan setiap hamba. Setiap hati dan jiwa manusia berada dalam genggaman Allah Swt. Doa adalah senjata umat manusia kepada Tuhannya karena merasa sebagai hamba yang lemah dan minta pertolongan kepada yang Mahakuat.

Memiliki anak yang patuh, hormat, dan sayang kepada orang tua adalah dambaan setiap insan dan ini menjadikan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua.

Anak adalah investasi dunia akhirat kita, memiliki keluarga yang bahagia, sehat, cerdas adalah harapan setiap orang tua. Anak-anak yang menyenangkan mata hati, dambaan kita semua. Semoga tips agar anak patuh kepada orang tua bermanfaat untuk pembaca.

About Siti Zulaikha

Siti Zulaikha

Check Also

9 Tips Belajar Daring yang Menyenangkan

Halo, Smart Ladies! Wabah pandemi terjadi di semua tempat di dunia ini tak terkecuali di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *