5 Manfaat Minyak Kelapa Murni untuk Kucing

Hai, Smart Ladies!

Sebagai pencinta kucing, Ladies pasti pernah  merasakan kebingungan ketika kucing sakit, mencret, atau luka karena berkelahi. Merasa kasihan, tetapi bingung mengobatinya, sedangkan biaya berobat ke dokter hewan tentu menguras kocek.

Ladies tahu, ‘kan, akhir-akhir ini makin banyak orang menggunakan minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.  Berdasarkan penelitian minyak kelapa murni  memiliki kandungan asam yang sangat ampuh menjaga daya tahan tubuh kita. Nah,  manfaat minyak kelapa murni, ternyata tidak hanya dirasakan oleh manusia saja, tetapi kucing juga bisa menikmatinya.

Berikut lima manfaat minyak kelapa murni untuk kucing :

  1. Memberikan Efek Menenangkan

Aroma dari minyak kelapa dapt memberikan efek menenangkan pada kucing. Selain itu, aroma minyak kelapa juga dapat mengusir bau tidak sedap yang berasal dari tubuh kucing. Ini juga bisa diterapkan pada gigi dan mulut kucing dengan cara: meneteskan minyak kelapa murni pada cotton bud, kemudian oleskan pada area mulut atau gigi. Ini bermanfaat mengusir aroma tidak sedap setelah kucing makan ikan.

  1. Melembabkan dan Menyuburkan Bulu Kucing

Kandungan asam laurat pada minyak kelapa murni sangat bermanfaat untuk melembapkan dan menyuburkan bulu kucing. Ini karena bulu kucing mudah menyerap asam laurat.

  1. Merawat Luka

Minyak kelapa murni  memiliki fungsi anti jamur atau anti bakteri, jadi VCO dapat digunakan untuk merawat luka pada kucing. Luka yang tidak segera diobati bisa menjadi sarang  bakteri. Cara merawat luka, bersihkan luka dengan air hangat, lalu oleskan minyak kelapa murni secara perlahan-lahan. Lakukan 2–3 kali sehari.

  1. Mengatasi Bulu Kucing yang Rontok

Bingung dengan bulu kucing yang rontok? Terkadang sering banget menempel di kursi. Bulu yang rontok itu menunjukkan adanya jamur dan bakteri pada kulit kucing. Jika dibiarkan akan makin parah, kucing bisa terancam botak. Minyak kelapa murni mampu mengatasi penyakit kulit pada kucing karena kandungan asam laurat dan turunannya, monolarium mampu membunuh patogen. Cara mengatasi bulu rontok cukup mengoleskan minyak kelapa murni sehari dua kali pada bulu kucing secara perlahan.

  1. Mengobati Mencret

Kucing  mencret? Ladies jangan bingung, ya. Berikan minyak kelapa murni  ½ sendok teh melalui mulut. Jika kesulitan, Ladies bisa menggunakan pipet. Tunggu 12 jam setelah pemberian minyak kelapa baru kucing boleh diberi makan. Selama itu (12 jam) kucing cukup diberi minum untuk menghilangkan dehidrasi.

Nah, Ladies, kalau kucing sakit jangan bingung lagi, ya. Sediakan minyak kelapa murni saja. Selain murah dan nonkimiawi, minyak kelapa murni juga mudah didapat. Semoga bermanfaat.

About Atiek Dewi

Atiek Dewi
Probolinggo kota tercinta. Dua buah permata hatiku sudah tumbuh dewasa.

Check Also

gambar drg. Rahayu

Bermula dari Hobi, Simak Kisah Seorang Dokter Gigi yang Menjadi Penulis dan ‘Enterpreneur’

Halo, Smart Ladies ! Pernahkah saat Ladies kecil, merasa takut ketika Mama ajak pergi ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *