InpirasiLifestyleMotivasi

5 Langkah Rumah Bersih Tanpa Asisten Rumah Tangga di Masa Pandemi

Halo, Smart Ladies!
Banyak yang berpendapat bahwa mengurus rumah tangga itu gampang-gampang susah. Benar juga sih, menurut saya, apalagi kalau tanpa dibantu asisten rumah tangga atau masih punya anak kecil yang sedang aktif. Di masa pandemi ini, beberapa keluarga memilih untuk tidak menggunakan asisten rumah tangga, terutama yang tidak menginap atau bekerja harian.
Nah, Ladies yang sudah terbiasa dibantu asisten rumah tangga tentu cuku kerepotan dengan rutinitas baru ini. Tenang, Ladies! Masa adaptasi ini tidak akan terlalu lama, kok. Kuncinya adalah selalu semangat dan bisa mengatur waktu dengan baik. Coba ikuti lima tips berikut ini, ya!

1. Bangun Lebih Pagi

Kebiasaan bangun pagi itu baik, begitulah keyakinan orang tua zaman dulu. Ada kata pepatah, “Jangan bangun siang-siang, nanti rezekinya dipatok ayam.” Bangun lebih awal membuat otak lebih fresh dan mood juga masih bagus. Ladies bisa merapikan rumah atau mengatur urusan rumah tangga lebih maksimal, tanpa gangguan anak-anak atau yang lainnya. Akan lebih baik lagi kita jika bisa menyempatkan diri bermunajat kepada Allah Swt. sebelum melakukan kegiatan lain.
Mencuci pakaian, menyapu lantai, memasak, atau merencanakan kegiatan harian bisa dilakukan di pagi hari. Saat anggota keluarga lain sudah bangun, masakan sudah siap dan rumah sudah rapi. Ladies bisa lebih santai menjalani hari.

2. Pahami Rutinitas Keluarga

Setiap anggota keluarga pasti punya rutinitas masing-masing. Kapan suami bangun, jam berapa anak-anak minta lebih diperhatikan, dan lain sebagainya. Nah, manfaatkan rutinitas mereka untuk mengatur urusan rumah tangga. Ladies bisa lebih menikmati kegiatan hari itu.

3. Jangan Tunda Pekerjaan Rumah Tangga

Dalam kondisi apa pun, menunda pekerjaan bukanlah hal yang disarankan. Apalagi pekerjaan rumah tangga yang seolah tak ada habisnya. Baju kotor menumpuk, baju yang harus disetrika menggunung, belum lagi banyak piring yang belum dicuci. Pasti akan timbul rasa malas untuk mengerjakannya. Untuk itu, jangan suka menunda-nunda pekerjaan.

4. Ajak Seluruh Anggota Keluarga Menjaga Kerapian

Ajak suami dan anak-anak untuk membantu. Diskusikan hal ini dengan seluruh anggota keluarga lainnya. Bisa dengan sistem berbagi tugas.

5. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan

Mengerjakan pekerjaan rumah tangga memang butuh fisik yang sehat dan mood yang bagus. Untuk itu, selalu semangat ya, Ladies. Hindari stres dan jangan terlalu memforsir diri. Jika terasa lelah, istirahatlah dulu dan sampaikan kondisi ini kepada suami atau anak-anak, supaya mereka ikut membantu meringankan urusan rumah tangga.
Nah, Ladies, itulah 5 tips yang bisa dicoba. Semoga wabah covid-19 ini segera berlalu dan kita semua sehat dan bahagia. Aamiin.

Tags
Show More

anita mutiara

Ibu rumah tangga dengan 4 anak, yang terkadang mengisi waktu luang dengan menulis

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close