5 Langkah Ciptakan Rumah Tetap Rapi dan Bersih Selama Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
5 Langkah Ciptakan Rumah Tetap Rapi dan Bersih Selama Pandemi Covid-19 [Chien Than from pixabay]

Hai, Smart Ladies!

Pandemi Covid-19 belum usai. Artinya, work from home (WFH) dan belajar dari rumah (BDR) masih dijalankan, bukan? Selama WFH dan BDR, rumah yang sudah kita bereskan mungkin cepat berantakan kembali. Ladies repot, kan, kalau mengerjakannya sendiri tanpa bantuan asisten rumah tangga?

Bacaan Lainnya

Namun, jika dibiarkan berantakan, rumah jadi tidak nyaman, padahal rumah rapi dan bersih dapat menjadikan kita lebih semangat dan produktif dalam bekerja. Nah, bagaimana menciptakan rumah tetap bersih dan rapi meskipun anggota keluarga beraktivitas di dalam rumah?

Kita simak 7 langkah berikut, yuk!

  1. Mengidentifikasi Penyebab Rumah Berantakan

Kadang-kadang, rumah kelihatan kotor dan berantakan, padahal baru saja dibereskan. Apa, sih, penyebabnya? Rumah rapi atau berantakan biasanya tergantung pada jumlah dan kebiasaan anggota keluarga yang tinggal di rumah. Nah, untuk mengidentifikasi penyebab rumah berantakan, amati dulu kebiasaan masing-masing anggota keluarga. Ladies bisa membuat catatan hasil identifikasi untuk membantu menemukan solusinya.

  1. Membuat Kesepakatan dan Komitmen Bersama Keluarga

Komunikasikan dan diskusikan penyebab yang telah teridentifikasi dengan seluruh anggota keluarga, terutama yang telah memasuki usia remaja dan dewasa. Ladies dapat memanfaatkan waktu santai, misalnya sore hari, untuk membicarakan hal ini. Buatlah kesepakatan bersama tanpa paksaan agar seluruh anggota tidak merasa terbebani dan memiliki komitmen untuk menjalankannya.

  1. Pembagian Tugas dan Membuat Jadwal Merapikan Rumah

Dalam membagi tugas dan menyusun jadwal, pertimbangkan kemampuan dan waktu luang dari setiap anggota keluarga, ya, bukan berdasarkan gender. Mintalah pendapat masing-masing terkait tugas yang diminati. Si sulung yang sudah memasuki usia dewasa, misalnya, bisa bertugas mencuci peralatan makan pada malam hari dan membuang sampah setiap hari. Ibu bertugas mamasak dan mencuci pakaian, ayah bertugas menyapu dan mengepel lantai, dan si bungsu yang masih anak-anak bertugas membereskan mainan dan buku-bukunya sendiri.

  1. Melakukan Pendampingan dan Memberikan Motivasi

Ladies, hampir tidak ada pemula yang dapat melakukan pekerjaan dengan perfek. Ladies bisa saja mendapati hasil pekerjaan mereka tidak seperti yang diharapkan. Kontrol emosi, ya, Ladies! Biarkan anggota keluarga mengerjakan dengan caranya sendiri. Jika diperlukan, berikan saran atau kritik dengan tanpa menghakimi . Ladies sebaiknya tetap mendampingi dan memberikan motivasi kepada mereka. Manfaatkan media sosial untuk menyampaikan pesan tentang pentingnya kebersihan atau pujian.

  1. Melakukan Evaluasi

Setelah semua anggota keluarga menjalankan tugasnya selama jangka waktu tertentu, misalnya sebulan, Ladies bisa mengevaluasinya. Apakah pelaksanaan tugas berjalan lancar? Apakah ada yang merasa keberatan dengan penjadwalan dan pembagian tugas tersebut? Jika memang diperlukan, atur kembali sesuai dengan kondisi terbaru masing-masing anggota keluarga.

Ladies, setelah semua ikhtiar dilakukan, jangan lupa berdoa. Mohonlah bantuan kepada Sang Pencipta untuk menggerakkan hati anggota keluarga agar tetap saling mendukung  dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Jangan lupa untuk selalu bersyukur atas nikmat keharmonisan dan kesehatan setiap anggota keluarga.

Demikian 7 langkah membersihkan dan merapikan rumah selama pandemi Covid-19 tanpa kerepotan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *