5 Fungsi Ajaib Silica Gel yang Jarang Diketahui, Mulai Sekarang, Jangan Dibuang!

Hai, Smart Ladies!

Apakah Ladies sering membeli sepatu, tas, atau barang yang dikemas dalam kardus? Biasanya, dalam kardus tersebut akan disertakan silica gel yang dibungkus kertas kecil persegi menyerupai teh celup.

Silica gel selalu disertakan dalam kardus sebagai bahan untuk merawat barang yang Ladies beli. Namun, banyak orang yang belum mengerti kegunaannya, menganggap remeh barang tersebut, bahkan ada yang langsung membuangnya.

Selain kegunaannya untuk merawat benda milik Ladies, silica gel juga mempunyai banyak manfaat lainnya, lo.
Benda ini juga dapat dibeli secara bebas dengan harga dua ratus rupiah per bungkus atau sekitar Rp30.000,00/kg. Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, kita simak ulasannya.

1. Tidak Membuat Bibit atau Biji-bijian Berkecambah

Kadang kita merasa sebal ketika mendapati bibit atau biji-bijian yang dijadikan hiasan atau sekadar disimpan tiba-tiba berkecambah dan tumbuh calon batang. Hal ini terjadi karena udara di sekitar biji memiliki kelembapan yang tinggi.

Nah, sekarang Ladies bisa mengatasinya dengan mudah. Selipkan silica gel di dalamnya. Benda ini akan menyerap air sehingga kelembapan di sekitar biji berkurang.

2. Alat Pertukangan Tidak Cepat Berkarat

Biasanya, di rumah terdapat seperangkat alat-alat tukang, seperti obeng, tang, bor, dan gergaji yang sebagian besar terbuat dari besi.

Nah, agar alat-alat ini awet, sertakan beberapa bungkus silica gel di dalam kotak penyimpanan.
Silica gel mampu menyerap air dan mengurangi kelembaban, sehingga membuat alat-alat tersebut terhindar dari oksidasi yang menyebabkan besi jadi berkarat.

3. Koleksi Buku Bisa Terhindar dari Jamur

Apakah Ladies punya koleksi buku lama yang tersimpan di lemari? Meskipun buku tersebut sudah terlihat tua, lusuh, dan hanya tersimpan rapi di lemari, kita tetap merasa senang memilikinya.
Namun, jika disimpan terlalu lama, buku kemungkinan akan rusak dan berjamur.
Agar tidak cepat rusak atau berjamur, koleksi buku harus dirawat dengan perawatan khusus.
Caranya mudah, cukup selipkan silica gel pada tumpukan buku di lemari penyimpanan. Dengan begitu, jamur yang sering tumbuh karena kelembaban tinggi tidak akan datang. Buku akan lebih awet, tidak lusuh, dan tidak mudah sobek.

4. Mengatasi Jamur pada Handuk

Siapa yang tidak jengkel ketika handuk yang tersimpan dalam lemari tiba-tiba berjamur? Sekarang, jangan khawatir, atasi dengan silica gel.
Taruh saja dua bungkus silica gel dalam lemari tempat handuk disimpan. Jika warna silica gel sudah berubah, Ladies bisa menggantinya dengan yang baru. Dengan tips ini, handuk tidak akan berjamur dan nyaman untuk dipakai.

5. Untuk Merawat Alat Make Up

Sebagai wanita, biasanya kita mempunyai peralatan makeup. Dalam merawat alat kecantikan ini, Ladies bisa mengandalkan silica gel sebagai pelindung. Masukkan beberapa bungkus silica gel ke dalam tas make up. Dengan begitu, alat make up akan terhindar dari jamur dan bau tak sedap.

Nah, sekarang Ladies tahu, kan, apa saja manfaat silica gel? Jadi, jangan buang begitu saja benda ini dari kardus barang yang baru dibeli. Selamat mencoba!

Related posts

Leave a Comment