5 Fakta Manfaat Organisasi bagi Pemuda di Era Industri 4.0

Hai, Smart Ladies!

Sebagian besar pemuda pasti ingin membuat orang tua bangga. Menjadi yang terbaik di mata orang tua tentu akan membuat mereka merasa senang dan tidak khawatir akan masa depan anaknya.

Terlebih saat ini era revolusi industri keempat (4.0) yang penuh persaingan sehingga menuntut pemuda lebih aktif dan mempunyai keterampilan. Diketahui, banyak organisasi menawarkan program keterampilan atau keahlian yang sesuai dengan karakter pemuda.

Oleh karena itu wajar, jika banyak pemuda yang tidak segan-segan ikut serta dalam berbagai organiasi secara bersamaan. Tujuannya agar pemuda mampu mengembangkan kemampuannya baik secara fisik maupun psikologis.

Berikut ini lima manfaat organisasi bagi pemuda di era industri 4.0. Yuk, pelajari!

 

1. Mempunyai Keahlian

Era industri 4.0 memerlukan pemuda yang mempunyai keahlian sebab saat ini dunia industri memerlukan seseorang mampu aktif secara profesional. Beberapa keahlian yang diperoleh dalam berorganisasi antara lain, kemampuan dalam bidang digital, kemampuan memimpin, kemampuan berkomunikasi, dan lainnya. Hal tersebut akan menjadi modal bagi pemuda milenial untuk sukses di masa depan.

 

2. Mandiri

Ikut serta dalam organisasi secara tidak langsung akan membuka wawasan pemuda untuk belajar mandiri. Terbiasa melaksanakan tugas dengan disiplin dan tanggung jawab adalah  hal ditempa dalam organisasi agar mandiri. Selain itu, jiwa kemandirian akan memengaruhi pribadi dalam membentuk kematangan dan kedewasaan sehingga pemuda tidak bergantung pada orang lain, justru akan memberikan manfaat bagi keluarga dan lingkungan .

 

3. Tangguh dalam Menghadapi Tantangan

Manfaat berikutnya berorganisasi bagi pemuda di era industri 4.0 yaitu, tangguh dalam menghadapi tantangan. Berawal dari organisasi, pemuda akan memperoleh akan memperoleh banyak ilmu dan pengalaman dalam menjalani kehidupan. Akhirnya, pemuda dapat menghadapi berbagai tantangan.

 

4. Percaya Diri

Percaya diri salah satu aspek penting yang diperoleh dalam organisasi. Keterlibatan pemuda dalam berbagai kegiatan positif dalam organisasi dapat menumbuhkan rasa percaya diri, sebab pemuda terbiasa berinteraksi dengan banyak orang dengan latar belakang yang berbeda.

 

5. Membuka Jaringan Kerja

Ikut serta dalam organisasi akan membuka jaringan kerja? Ya. Di ketahui, tidak sedikit organisasi yang terhubung dengan jaringan kerja. Seringkali organisasi melakukan kerja sama dengan instansi pemerintah maupun swasta. Nah, hal ini bermanfaat untuk memperoleh informasi pekerjaan yang diinginkan.

Ikut serta dalam organisasi secara tidak langsung akan menghantarkan langkah lebih cepat  menuju sukses. Nah, tunggu apa lagi, yuk Ladies, gabung di organisasi!

 

mbok jun wati

Ibu dari 4 Ladies, Menyukai dunia menulis sejak SMU, saat ini terus belajar menerbitkan beberapa tulisan fiksi dan non fiksi (fb: juniawatisalamat, mbokwati18blogspot)
mbok jun wati

Related posts

Leave a Comment