5 Amalan Meraih Rida Allah Swt. Saat Turun Hujan [Cole Farlow from Unsplash]

5 Amalan Meraih Rida Allah Swt. Saat Turun Hujan

 

“Yang, hujan turun lagi.”

Halo, Smart Ladies!

Anda pasti masih ingat dengan penggalan lirik lagu “Antara Benci dan Rindu” tersebut ‘kan? Lagu bergenre pop ini memang pas dengan fenomena alam yang tengah terjadi di Indonesia belakangan ini, yakni hujan.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyebutkan bahwa 85 persen wilayah di Indonesia telah memasuki musim hujan sejak Desember 2020 lalu. Tentu saja, persentase tersebut akan terus bertambah karena pengaruh La Nina hingga Mei 2021 mendatang.

Selain itu, fenomena alam ini juga menyebabkan sejumlah aktivitas di luar rumah pun tertunda. Nah, kalau sudah begini, hujan seakan menjadi musuh bagi manusia, padahal hujan adalah rahmat dan berkah dari Allah Swt. sebagaimana firman-Nya dalam QS. Asy-Syura: 28 dan QS. Qaf: 9.

Lalu, amalan apa saja yang dapat Ladies lakukan untuk mendapatkan rida dan kebaikan dari Allah Swt. saat hujan turun? Berikut ulasannya.

1. Membaca Doa  

Amalan yang pertama adalah membaca doa. Doa adalah cara manusia berkomunikasi dengan Tuhan. Karenanya, saat manusia mengalami kejadian atau fenomena alam seperti hujan, manusia akan memanjatkan doa sebagai bentuk syukur.

Sayidah ‘Aisyah radiallahu ‘anha meriwayatkan hadis dari Rasulullah saw. sebagai berikut.

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Bacaan latinnya: “Allahumma shoyyiban nafi’an‘.” (HR. Bukhari No. 1032). Artinya: Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat.

2. Bersyukur

Amalan kedua adalah bersyukur. Saat hujan turun, manusia kerap kali menggerutu, padahal hujan merupakan rahmat bagi mahluk hidup. Bahkan, tidak hanya manusia, tumbuhan, hewan dan alam seisinya juga mendapatkan manfaat dari setiap bulir-bulir air yang jauh dari langit ini. Karenanya, bersyukurlah agar hujan membawa keberkahan.

3. Tidak Mencela Hujan

“Aduh, hujan deras banget, mana angin kencang lagi. Jadi, nggak bisa kemana-mana, deh.”

Kalimat tersebut lumrah terngiang di kepala kita saat hujan disertai angin melanda. Akibatnya, hujan sering menjadi kambing hitam ketika kita tidak bisa beraktivitas outdoor. Nah, Ladies, ayo amalkan hal yang ketiga, yaitu belajar menahan diri dan lidah dari mencela hujan dan angin yang menyertainya. Hal ini tidak lain karena hujan dan angin adalah bentuk rahmat dari-Nya. Allah Swt. berfirman:

ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻳُﺮْﺳِﻞُ ﺍﻟﺮِّﻳَﺎﺡَ ﺑُﺸْﺮًﺍ ﺑَﻴْﻦَ ﻳَﺪَﻱْ ﺭَﺣْﻤَﺘِﻪِ

“Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan).” (QS Al-A’raf: 57)

4. Perbanyak Doa

Saat hujan membasahi bumi, menyeruput secangkir teh atau kopi hangat tentu terasa nikmat. Namun, tahukah Ladies kalau memperbanyak doa di saat turun hujan merupakan amalan yang dicontohkan langsung oleh Baginda Rasul? Rasulullah saw. bersabda bahwa hujan adalah salah satu waktu dikabulkannya doa oleh Allah Swt.

“Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan: bertemunya dua pasukan, menjelang salat dilaksanakan, dan ketika turun hujan.” (Lihat kitab Al Umm karya Imam Syafi’i; Ibnu Qudamah dalam Al Mughni; Shohibul Jaami’ No. 1026)

5. Membaca Doa setelah Hujan Reda 

Ladies, setelah hujan reda, jangan lupa memanjatkan doa, ya. Ini merupakan amalan pemungkas sebagai wujud syukur kita atas air yang diturunkan Allah Swt. ke dunia. Adapun lafaz doanya sebagai berikut.

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ

Bacaan latinnya: “Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi.” (HR. Bukhari No. 846). Artinya: “Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya.”

Itulah lima amalan yang dapat Ladies lakukan saat hujan turun. Semoga bermanfaat.

 

About Firima Zona Tanjung

Firima Zona Tanjung
Seorang Ibu, lulusan magister Pendidikan Bahasa Inggris yang gemar membaca novel, menulis artikel dan karya sastrawi.

Check Also

Zat Adiktif dalam Makanan, Kegunaan, dan Dampaknya Terhadap Kesehatan

Hai, Smart Ladies! Wanita adalah yang pertama dan utama sebagai penjaga kesehatan diri sendiri dan …

One comment

  1. Terima kasih pencerahan nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *