5 Alasan Mengapa Menyusun Menu Harian Itu Penting

5 Alasan Mengapa Menyusun Menu Harian Itu Penting

Pernah mengalami saat ke pasar bingung apa yang mau dibeli? Lalu saat makan, ternyata yang tersaji itu lagi, itu lagi. Mengapa bisa terjadi seperti itu? Realita yang sering terjadi berangkat ke pasar atau ke tukang sayur tanpa rencana, maka berbelanja hanya dengan kira-kira atau lapar mata saat sayuran berwarna merah, kuning, hijau di depan mata. Mau dimasak apa,  dipikir nanti saja. 

Beberapa alasan mengapa perlu menyusun menu harian untuk keluarga, yaitu:

  1. Pentingnya Pemenuhan Gizi untuk Semua Anggota Keluarga 

Dalam satu keluarga kebutuhan gizi bisa beragam antara anak, ayah, dan ibu. Pemenuhan kebutuhan makan dalam kondisi serba mudah seperti sekarang bukanlah masalah,  tetapi belum tentu yang mudah dibeli akan selalu bisa memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Dengan menyusun menu harian secara berkala, bisa direncanakan keragaman konsumsi demi pemenuhan gizi.

  1. Mengurangi Kepanikan di Pagi Hari 

Pagi hari pada umumnya waktu yang sangat sibuk, biasanya ibu belanja pagi-pagi, kemudian memasaknya. Menu harian yang sudah tersusun, belanja yang sudah terencana, membuat kegiatan masak bisa dilakukan dengan tenang dan tidak terburu-buru. Agar pagi hari, bisa jadi family time yang berkualitas dan menyenangkan. 

  1. Belanja Lebih Efektif dan Efisien 

Jika tanpa susunan menu,  Ladies bisa belanja kalap karena lapar mata atau hanya berputar-putar di pasar tanpa mendapat hasil. Akhirnya, akan banyak waktu terbuang sia-sia. Sebaliknya, jika Ladies sudah membawa list belanja tidak hanya bisa langsung belanja, bahkan bisa hanya dengan mengirim pesan belanjaan akan datang ke rumah. 

  1. Meminimalisasi Bahan yang Terbuang setelah Dibelanjakan  

Tanpa perencanaan, belanja akan menimbulkan efek lapar mata, membeli tanpa tahu akan dijadikan apa. Hal itu membuat  tumpukan bahan makanan yang rentan busuk,  tersia-siakan. Dari survei yang pernah penulis lakukan, banyak bahan makanan yang ujungnya hanya jadi pajangan di kulkas dan berakhir membusuk. 

  1. Menghemat Uang Belanja 

Menyusun menu harian secara berkala mingguan atau bulanan disertai dengan pengetahuan tentang penyimpanan bahan makanan secara tepat. Telah dibuktikan oleh banyak keluarga bahwa menyusun menu mampu menghemat pengeluaran dibandingkan dengan memasak tanpa rencana atau membeli makanan jadi dari warung atau restoran.

Ladies, saat ini hampir semua ibu memiliki pekerjaan selain rumah tangga sehingga perencanaan kegiatan yang baik akan membantu kelancaran semua kegiatan. Termasuk di antaranya urusan makan yang memang kebutuhan primer setiap keluarga.

Luluk Maunah
contributor

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 7