Image by Karolina Grabowska from Pixabay

5 Alasan Mencoba Kreasi DIY

Hai, Smart Ladies!

Saat ini, istilah DIY sudah populer di mana-mana. Istilah ini adalah singkatan dari Do It Yourself, artinya lakukan sendiri atau buatlah sendiri. Beragam kreasi pribadi dengan tagar DIY bertebaran di dunia maya. Kreasi ini bisa berupa hasil kerajian, fesyen, pernik dekorasi, dan sebagainya.

Ada banyak hal yang melatarbelakangi seseorang membuat kreasi DIY. Kita simak lima di antaranya , yuk!

1. Sulit Memperoleh Produk yang Diinginkan

Tidak semua produk barang atau jasa bisa diperoleh langsung di tempat tinggal Ladies, bukan? Bahkan, beberapa produk merek tertentu ada yang hanya dijual di kota-kota besar. Ladies pun harus membelinya secara daring sehingga perlu merogoh kocek lagi untuk membayar ongkos kirimnya. Malahan, ada kemungkinan ongkos kirimnya jauh lebih mahal daripada harga produk yang akan dibeli.

2. Mahalnya Harga Produk

Harga jual sebuah produk biasanya sudah memasukkan komponen ongkos pembuatan. Konsekuensinya, beberapa barang yang memang sulit diperoleh sering kali ditawarkan dengan harga jual yang cenderung mahal. Tingginya harga inilah yang kemudian mendorong orang untuk mencoba membuat sendiri produk yang diinginkan.

Dengan membuat sendiri, kita hanya perlu membeli bahan baku. Bahan baku itu pun dapat diganti atau dimodifikasi dengan bahan lain yang lebih murah. Hasilnya, biaya yang dikeluarkan menjadi lebih hemat.

3. Sesuai Keinginan

Produk hasil karya sendiri tentu berbeda dengan produk pabrikan atau buatan orang lain. Dengan membuat sendiri, kita bisa memodifikasi bentuk, tampilan, fungsi, dan lain-lain sehingga sesuai yang diinginkan. Modifikasi ide ini dapat menjadi inspirasi bagi orang lain untuk membuat kreasi DIY baru.

4. Kemudahan Mencari Tutorial

Kecanggihan teknologi saat ini memudahkan pendokumentasian dan publikasi kreasi DIY, baik berupa tulisan, gambar, maupun video. Beragam ide dipraktikkan, didokumentasikan, dan dipublikasikan melalui media sosial. Unggahan-unggahan inilah yang kemudian menginspirasi banyak orang untuk mencoba berkreasi sendiri.

5. Mengasah Kreativitas

Kreasi DIY, mulai dari yang sederhana hingga rumit, selalu memiliki tantangan tersendiri. Dengan mencobanya, kita bisa mengasah kreativitas dan keluar dari zona nyaman sebagai konsumen menjadi produsen. Selain itu, kita juga berlatih mengurangi sifat konsumtif, lo.

Ladies, enam hal di atas cukup menjadi alasan bagi kita untuk membuat kreasi DIY. Untuk mencobanya, tak perlu menjadi ahli lebih dahulu karena kita akan makin mahir dengan makin sering mempraktikkannya. Selamat mencoba!

About Novalia AR

Novalia AR
Fulltime Mom - Writer - Crafter

Check Also

Marzy Krisbiyanto, Guru Inspiratif (Foto: Koleksi pribadi Marzy K)

Marzy Krisbiyanto, Guru yang Menambah Cuan Menjadi Editor

Hai, Smart Ladies! Punya guru idola saat sekolah? Bisa, lo, dijadikan kisah yang mengesankan. Terlebih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *