4 Tips Merapikan Rumah Berantakan Akibat Ulah si Kecil

Hai, Smart Ladies!


Kondisi rumah yang berantakan adalah hal yang tidak bisa dihindari jika kita memiliki anak kecil, apalagi usia batita. Penyebab utamanya, tentu saja adalah mainan yang berhamburan di mana-mana. Meski sudah dirapikan berkali-kali, tak lama kemudian, rumah sudah berantakan lagi. Fitrah anak-anak memang bermain, bukan? Jangan heran jika hampir seluruh waktunya dihabiskan untuk bermain.

Namun, yang menjadi masalah adalah ketika tiba-tiba ada tamu berkunjung dan kondisi rumah masih berantakan. Tamu tersebut mungkin memaklumi, tetapi kita tentu merasa malu, apalagi jika terjadi berulang kali. Jangan terlalu gusar atau risau, Ladies. Lakukan tips berikut ini agar kondisi rumah senantiasa rapi.

1. Minta Anak untuk Tidak Bermain di Ruang Tamu

Pada umumnya, ruang tamu jarang dipergunakan, kecuali jika pemilik rumah mempunyai profesi yang mengharuskan sering menerima tamu.  Nah, Ladies tentu tak ingin ruang tamu berantakan ketika tamu datang, kan? Oleh karena itu, arahkan si kecil bermain di area lain. Setidaknya, meski ruangan lain berantakan, ruang tamu Ladies masih rapi dan bersih. Tamu pun akan merasa nyaman dan dihargai kedatangannya.

2. Sediakan Ruangan Khusus untuk Bermain

Jika rumah cukup luas, kita bisa menyediakan ruangan khusus untuk bermain. Namun, sulit diterapkan pada tempat tinggal yang mungil. Tak ada pilihan lain selain membiarkan anak-anak bermain sesuka hatinya. Ladies bisa mengarahkan si kecil untuk bermain di satu sudut, misalnya ruang keluarga, ruang baca, teras, dan lainnya. Dengan demikian, area yang berantakan bisa diminimalkan. Pasalnya, rumah berantakan bisa menjadi pemicu stres seorang ibu.

3. Latih Anak Merapikan Mainan

Meskipun terlihat sepele, hal ini sebenarnya bermanfaat, Ladies. Aktivitas ini dapat melatih kemandirian anak, dan sekaligus beban kita. Prosesnya tentu tak mudah, memerlukan banyak waktu serta kesabaran yang tinggi. Selain itu, usia anak pun menentukan keberhasilan proses tersebut. Semakin besar usianya, anak akan semakin mudah diberi pemahaman dan diajak bekerja sama. Ladies bisa langsung meminta tolong pada anak untuk merapikan mainannya jika ada tamu yang datang.

4. Ajarkan Anak Disiplin

Ajaklah si kecil merapikan mainan yang telah digunakan terlebih dahulu sebelum beranjak ke permainan lain. Sebagai contoh, jika awalnya anak bermain mobil-mobilan, mereka harus menyimpannya sebelum bermain bola atau lainnya. Terkadang, anak akan mengombinasikan beberapa jenis mainan sekaligus. Biarkanlah anak bereksplorasi. Tugas kita adalah mendampingi si kecil serta mengajarkan cara membereskan mainan dengan baik.

Semoga empat tips sederhana di atas bisa sedikit membantu, ya, Ladies. Meskipun tidak selamanya dalam keadaan rapi, setidaknya bukan dalam keadaan berantakan seluruhnya. Anak tetap bermain dengan gembira, ibu pun tak khawatir jika tiba-tiba ada tamu yang berkunjung.

Related posts

Leave a Comment