4 Tips Memulai Bisnis di Media Sosial [Free-Photos from Pixabay]

4 Tips Memulai Bisnis di Media Sosial

Hai, Smart Ladies!
Kondisi pandemi Covid-19 yang tidak menentu membuat kita semua harus menahan banyak hal, terutama yang mengharuskan kita bertemu dengan banyak orang. Selain itu, pandemi ini mungkin berimbas pula terhadap pundi-pundi pemasukan keluarga.

Jika hal ini terjadi, Ladies harus jeli menangkap peluang usaha. Media sosial yang selama ini hanya digunakan untuk pamer diri bisa dimanfaatkan sebagai media untuk berbisnis.
Asalkan tidak hanya bermalas-malasan dirumah, kita bisa melakukan banyak hal untuk menggali kemampuan diri dalam berbisnis. Ladies bisa membuat masakan, baju atau kerajinan sendiri dan menjualnya dengan label homemade. Label ini bisa menambah nilai pada barang yang kita jual, lo.

Berikut tips bagi Smart Ladies untuk memulai membuka lapak di media sosial.

1. Produk

Tentukan jenis produk yang akan Ladies jual. Pahami kelebihan dan kekurangan produk yang akan dijual, apa saja manfaatnya, akan dikonsumsi siapa. Syukur – syukur jika Ladies menggunakan produk tersebut,

2. Target

Tentukan siapa target penjualan Ladies, segmen anak – anak, remaja, ibu rumah tangga, atau untuk semua segmen. Hal ini sangat penting dalam menentukan model komunikasi yang akan kita bangun dengan calon –calon pembeli.

3. Kemampuan Diri

Kenali potensi dan kemampuan kita dalam mendeskripsikan produk yang akan dijual. Makin baik Ladies memahami kemampuan dan kekurangan diri dalam berkomunikasi, makin mudah dalam membangun relasi di media sosial. Setelah itu, tinggal pilih media sosial yang cocok dan nyaman untuk melakukan penjualan.

4. Pilih Media Sosial yang Paling Pas

Pilihlah media sosial yang paling Ladies minati dan kuasai. Facebook, dengan pancingan pertanyaan “what’s on your mind?” atau “apa yang sedang kamu pikirkan”, memudahkan kita untuk memulai interaksi dengan pengguna lain sekaligus mempromosikan produk. Media sosial ini juga memungkinkan kita mengunggah gambar atau video.

Jika Ladies memiliki keahlian dalam memotret produk, cobalah memanfaatkan Instagram. Jika suka membuat video yang bagus, Ladies juga bisa mempromosikan produk melalui YouTube. Twitter, dengan maksimal cuitan sebanyak 140 karakter, pun bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi yang potensial jika kita menggunakan tagar (#) yang tepat. Yang terbaru dan memiliki banyak peminat adalah Tiktok. Aplikasi ini juga bisa menjadi media untuk menceritakan produk kita dengan cara yang menyenangkan, lo.

Mengawali bisnis di media sosial bukan hal yang sulit, bukan ? Ladies cukup memilih aplikasi yang paling cocok dan nyaman. (Arlis)

About arlis maheri

arlis maheri

Check Also

Bangkit, Jalan Ninjaku! (Kisah Inspirasi Penuh Perjuangan Seorang Entrepreneur, Vina Mulyadi)

Hai, Ladies! Perempuan Sagitarius kelahiran Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Vina Mulyadi, seorang entrepreneur ini seolah telah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *