4 Tips Memilih Kelas Menulis “Online”

Hai, Smart Ladies!

Pernah melihat iklan kelas menulis online yang makin marak di Instagram, Facebook, atau status teman kita? Sering kali iklan tersebut  menggelitik keingintahuan kita tentang menulis. Menulis adalah kegiatan yang sangat menarik. Dari menulis, kita dapat menyampaikan pemikiran atau ide tentang suatu hal, bahkan menulis merupakan self healing bagi sebagian orang.

Kalau diartikan secara bahasa, self healing adalah penyembuhan diri sendiri dari permasalahan. Jika kita terus- menerus terpaku terhadap masalah, kita akan mengalami stres. Salah satu cara menghilangkan stres adalah menulis.

Dengan banyaknya kelas menulis offline dan online tentu kita bingung menentukan pilihan. Nah, jika Ladies tertarik mengikuti kelas menulis online maka ada beberapa tips yang dapat diperhatikan.

  1. Memilih Kelas Fiksi atau NonFiksi

Secara garis besar tulisan dibagi menjadi dua macam, yaitu fiksi dan nonfiksi. Fiksi adalah tulisan berupa cerita khayalan, rekaan dengan mengandalkan kekuatan imajinasi. Contohnya adalah  novel atau cerita pendek, sedangkan nonfiksi adalah tulisan berdasarkan fakta atau kenyataan. Tulisan nonfiksi berisi informasi seperti tulisan jurnalistik (artikel, berita, kolom dan esai).

Nah, Ladies tertarik menulis fiksi atau nonfiksi? Jangan sampai saat  mengikuti kelas menulis bukannya senang,  tetapi malah mengalami kesulitan.

  1. Rekomendasi

Ladies dapat melihat penilaian peserta yang mengikuti kelas menulis tersebut di kolom komentar. Namun, lebih baik lagi jika mendapat rekomendasi dari teman atau saudara yang pernah mengikuti kelasnya. Jadi, Ladies akan mendapat informasi yang  lebih akurat.

  1. Perhatikan Lembaganya

Jeli memilih lembaga penyelenggaranya. Terlebih kelas menulis yang Ladies ikuti adalah kelas berbayar. Lembaga penyelenggara berhubungan dengan kualitas materi dan mentor yang akan menyampaikan materi. Tentu saja Ladies menginginkan hasil maksimal dari kelas yang Ladies ikuti, bukan?

  1. Teliti Materinya

Kelas menulis online biasanya diadakan hanya beberapa hari, yaitu tujuh hingga sepuluh hari. Di dalam kelas, materi biasanya diberikan melalui pesan suara dan tulisan, kemudian ada forum diskusi, dan praktik. Yang perlu Ladies ketahui adalah apa setelah praktik Ladies mendapatkan reviu  tugas. Sebab, reviu ini penting karena dapat mendorong peningkatan kemampuan menulis Ladies. O,ya jangan lupa, Ladies juga harus mengetahui apakah tulisannya akan dibukukan atau diterbitkan di media online.

Demikian empat tips yang bisa Ladies terapkan saat akan mengikuti kelas online. Sekarang sudah siap, ya, mengikuti kelasnya? Buatlah karya yang dapat menjadi kebanggaan dan kenangan. Semoga bermanfaat.

 

 

 

About Sri Setiyowati

Sri Setiyowati

Check Also

Inilah 3 Manfaat Tak Terduga dari Membaca Novel

Hallo, Smart Ladies! Ladies, baca novel yuk! Membaca novel itu menyenangkan dan menyehatkan. Menyenangkan karena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *