Parenting

4 Tips Agar Anak Tidak Suka Jajan

Hai, Smart Ladies!

Banyak sekali ibu yang mengeluh karena anak mereka hobi jajan sehingga kesulitan melarang keinginan sang anak. Proses membatasi anak agar tidak jajan juga akan membuat mereka akan menangis atau ngambek sebagai bentuk kekecewaannya. Memang membutuhkan keinginan kuat dari sang ibu agar buah hati mereka tidak memiliki kebiasaan jajan, baik di warung, toko maupun di sekolah. Jajan merupakan kebiasaan yang awalnya dilakukan agar anak belajar belanja, akan tetapi cara ini tidak tepat bila dilakukan bagi anak usia balita karena akan menyebabkan kebiasaan membeli makanan yang minim kandungan nutrisinya.

Berikut 4 tips yang dapat dilakukan untuk membiasakan anak agar tidak jajan.

Sediakan Menu Makanan Bernutrisi dan Bervariasi

Makanan bernutrisi dan bervariasi menjadi kebutuhan bagi buah hati. Oleh karena itu, jangan malas untuk menyediakan menu makanan yang bernutrisi tinggi dan bervariasi sejak anak-anak masih kecil, ya, Ladies. Memang pada saat melakukannya terlihat ribet dan merepotkan, akan tetapi bila dilakukan dengan niat agar buah hati mengkonsumsi makanan rumah yang mengandung gizi tinggi sebagai bekal pertumbuhan otak dan tubuhnya pasti akan menyenangkan hati. Ibu mana sih, yang tidak ingin anaknya tumbuh sehat, cerdas dan bahagia. Yuk, mulai menyediakan makanan sehat dan bervariasi setiap hari di rumah.

 

Ajarkan Pola Makan Sehat dan Tepat Waktu

Anak-anak yang memiliki pola makan tepat waktu biasanya tidak memiliki keinginan yang banyak untuk mengonsumsi makanan di luar rumah. Kebutuhan mereka (yaitu rasa kenyang) akan makanan yang bernutrisi sudah terpenuhi di rumah. Hal ini menyebabkan mereka tidak akan ‘melirik’ jajanan yang ada di luar. Pola makan tepat waktu terdiri dari sarapan (pukul 07.00), selingan tengah hari (pukul 10.00), makan siang (pukull 12.00), selingan sore (pukul 15.00), dan makan malam (pukul 18.30). Dengan menerapkan pola makan sehat dan tepat waktu akan meminimalisasi anak untuk jajan di luar.

 

Siapkan Kudapan atau Makanan Kecil di Rumah

Salah satu cara agar anak tidak suka jajan adalah membiasakan menyediakan makanan kecil atau kudapan di rumah sejak anak masih kecil. Kudapan yang dibuat tidak harus yang sulit seperti agar-agar, pudding, es buah, bubur kacang hijau atau pisang goreng. Dapat juga berupa potongan buah segar atau salad buah, yang penting makanan tersebut diolah dan disediakan dari rumah. Mencukupi anak-anak dengan makanan di rumah mampu membuat mereka tidak memiliki keinginan jajan atau makan makanan yang ada di luar rumah.

 

Membiasakan Bahwa Uang Saku untuk Ditabung 

Terakhir, yuk, ajarkan buah hati untuk menabung dari uang saku yang kita berikan, ya, Ladies. Sampaikan kepada mereka bahwa menabung uang manfaatnya akan memberikan keuntungan bagi mereka (misalnya saat ingin memiliki suatu barang) daripada menghabiskan untuk jajan sembarangan. Berikan celengan atau wadah khusus untuk menyimpan uang saku mereka. Bila sudah penuh, ajak mereka ke bank untuk membuat dan memiliki buku tabungan sendiri. Hal ini dapat menjadi upaya meredam keinginan menghabiskan uang saku untuk jajan.

 

Demikian tips ini, semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Fie D'sari

Merupakan ibu dari 3 orang putri dan 2 orang putra. Saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta. Menyukai traveling, eksplorasi dan menulis.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close