EntertainmentInpirasiMotivasiParenting

4 Film Asing Inspiratif ini Wajib Ditonton para Orang Tua dan Guru

Halo, Smart Ladies!

Bicara tentang perfilman Indonesia dengan tema pendidikan, makin hari makin banyak pilihan tontonan yang memberi inspirasi dan motivasi. Sebut saja film Laskar Pelangi, Negeri 5 Menara, Jembatan Pensil, 5 Elang, King, dan lain sebagainya. Belum lagi film-film biopik pahlawan bangsa yang sangat sarat makna.

Film-film tersebut membuktikan bahwa para pembuat film di Indonesia sudah mulai mengerti dan paham bagaimana memberikan karya terbaik bagi anak bangsa. Selain film hasil karya anak negeri, banyak juga film-film asing yang tak kalah bagus untuk ditonton, lo.

Berikut empat film asing yang wajib ditonton oleh para orang tua dan guru:

1. Taare Zameen Par – India

Film ini bercerita tentang kegundahan orang tua Ihsaan, seorang anak lelaki berumur 9 tahun yang mengalami kesulitan dalam belajar. Masalah ini menyebabkan prestasinya di sekolah makin menurun drastis, bahkan terancam tidak naik kelas. Kesulitan dalam membaca membuat nilai-nilainya terus menurun hingga akhirnya, Ihsaan harus menuruti keinginan orang tuanya untuk pindah sekolah.

Pilihan jatuh ke sekolah berasrama yang terletak di luar kota. Ihsaan merasa orang-orang yang dicintainya telah membuang dan tidak lagi menyayanginya. Namun, di tempat itulah Ihsaan bertemu dengan seorang guru seni yang mengerti permasalahannya. Guru seni itu diperankan oleh Amir Khan. Perjuangannya mengatasi permasalahan Ihsaan di film inilah yang sangat inspiratif.

2. Akeelah And The Bee – USA

Apakah anak Ladies suka mengeja? Jangan menganggap enteng, ya. Senang mengeja justru bisa membawa berkah, lo. Cobalah tonton film berjudul Akeelah and The Bee. Film ini mengisahkan tentang seorang anak perempuan keturunan Afro Amerika yang berusia 11 tahun bernama Akeelah. Akeelah sangat menyukai kegiatan mengeja. Hobi mengeja itulah yang membawa Akeelah melenggang ke kompetisi nasional. Dalam perjalanannya, Akeelah bertemu dengan dua orang anak yang juga mempunyai tujuan sama, yaitu menjuarai kompetisi mengeja tingkat nasional.

3. Gifted Hands : The Ben Carson Story – USA

Film ini berkisah tentang seorang ibu yang tak kenal lelah mendorong anak-anaknya untuk rajin membaca. Tak berhenti di situ, mereka harus membuat ringkasan dari buku-buku yang telah dibaca tersebut. Di kemudian hari, kebiasaan tersebut membawa mereka menjadi “anak-anak emas”. Hal itulah yang dilakukan oleh ibunda Ben Carson dalam “Gifted Hands: The Ben Carson Story”.

Carson dan Curtin, demikian nama tokoh dalam film ini. Kakak beradik ini setiap hari harus mematuhi perintah ibunya untuk membaca buku. Kebiasaan itu membuat nilai-nilai Carson beranjak membaik hingga kemudian ia dapat melanjutkan pendidikan sampai ke universitas.

4. The Miracle Worker – USA

Pembaca serial manga “Topeng Kaca” karya Suzue Miuchi pasti mengingat kisah Helen Keller yang diperankan oleh tokoh Maya Kitajima di komik ini. Betapa tidak, sejak usia 19 bulan, Helen Keller sudah kehilangan kemampuan untuk melihat, mendengar, dan berbicara karena penyakitnya. Film ini mengisahkan kembali kehidupan Helen Keller yang diperankan dengan sangat baik oleh Hallie Kate Eisenberg.

Sikap Helen yang tadinya liar karena sulit untuk dididik dengan baik mengalami perubahan drastis setelah bertemu dengan guru yang tak kalah luar biasa. The Miracle Worker yang dirilis pada tahun 2000 ini memiliki sebuah misi untuk menggugah kesadaran bahwa seharusnya kita memperlakukan penyandang disabilitas sebagaimana orang-orang normal.

Nah, Smart Ladies, itulah beberapa judul film asing bertema pendidikan yang dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada para orang tua maupun guru mengenai pendidikan untuk anak. Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi anaknya agar mereka bahagia. Namun terkadang, belum tentu langkah yang kita ambil adalah yang terbaik untuk sang anak. Seperti kalimat dari penyair Kahlil Gibran berikut ini, “Kaulah busur, dan anak-anakmulah anak panah yang meluncur“.

 

(Winda Sumarna)

Tags
Show More

winda sumarna

Penyuka Jus Jeruk yang senang jalan-jalan, nonton film dan baca buku :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close