4 Fakta Peringatan Hari Radio, Nomor 2 dan 4 Paling Ditunggu!

Hai, Smart Ladies!

Tanggal 11 September diperingati sebagai hari radio Republik Indonesia. Pada tahun 2019 ini, tepat peringatan ke-74 tahun hari radio Indonesia. Seiring perkembangan zaman, siaran digital telah memudahkan pendengar radio berkomunikasi. Selain itu program siarannya bervariasi, sehingga lebih menyenangkan dan menarik.

Peringatan hari radio nasional Indonesia, umumnya dimeriahkan dengan beberapa perlombaan seperti lomba siaran, lomba bernyanyi lagu daerah, dan lainnya.

Ingin tahu apa saja fakta menarik dalam perayaan hari radio? Berikut ini empat fakta menarik peringatan hari radio republik Indonesia, nomor 2 dan 4 paling ditunggu!

1. Upacara Peringatan

Sebagaimana peringatan hari besar nasional, peringatan hari radio nasional ditandai dengan melaksanakan upacara bendera di stasiun RRI seluruh tanah air. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang kembali perjuangan rakyat Indonesia dalam menyiarkan siaran kemerdekaan 1945. Beberapa tokoh pejuang siaran biasanya akan hadir dalam upacara peringatan hari radio nasional. Upacara ini juga disiarkan secara langsung dan dipancarluaskan ke seluruh tanah air. Hal ini menandai pentingnya radio RRI sebagai alat pemersatu bangsa.

2. Lomba Bintang Radio

Salah satu acara dalam peringatan hari radio RRI yang paling ditunggu pemuda adalah lomba bernyanyi. Acara ini bertujuan sebagai ajang pencarian bakat dalam bidang tarik suara atau yang dikenal dengan lomba bintang radio. Lomba ini diperuntukkan bagi putra dan putri terbaik Indonesia di seluruh wilayah. Dalam perlombaan ini memberikan peluang bagi pemuda untuk menggali potensi di bidang siaran. Adapun jenis lagu yang diperlombakan beragam, utamanya adalah lagu-lagu perjuangan, lagu daerah dan lainnya.

3. Momen Nostalgia

Peringatan hari radio nasional menjadi idaman para pencinta siaran, terutama dari kalangan dewasa. Pada peringatan hari radio biasanya menjadi momen bernostalgia bertemunya sesama penyiar maupun nostalgia siaran lagu-lagu nostalgia dan lagu-lagu perjuangan.

4. Karaoke Bersama

Karaoke bersama adalah salah satu kegiatan yang juga paling ditunggu terutama oleh kalangan masyarakat. Peringatan hari radio nasional kian meriah dengan digelarnya acara karaoke bersama secara langsung di studio siaran. Peserta berasal dari berbagai lapisan dengan latar belakang yang berbeda.

Semoga peringatan hari radio nasional ini, dapat memberikan kesempatan pada pemuda untuk mencintai siaran radio. Selamat hari radio Republik Indonesia, semoga makin jaya dan sekali di udara tetap di udara.

 

mbok jun wati

Ibu dari 4 Ladies, Menyukai dunia menulis sejak SMU, saat ini terus belajar menerbitkan beberapa tulisan fiksi dan non fiksi (fb: juniawatisalamat, mbokwati18blogspot)
mbok jun wati

Related posts

Leave a Comment