4 Cara Mudah Menabung agar Mampu Berkurban

Hai, Ladies!

Setiap tahun, umat Islam merayakan hari raya Iduladha. Pada hari itu, muslim yang mampu dianjurkan berkurban berupa kambing atau sapi. Setiap orang tentu ingin bisa berkurban, tetapi harga hewan setiap tahun cenderung naik sehingga hanya kalangan tertentu yang mampu membeli. Bahkan, bagi muslim yang mampu pun terkadang masih berat mengeluarkan kurban. 


Sebenarnya, meskipun penghasilan tidak terlalu besar, kita juga bisa berkurban asalkan memiliki niat serta komitmen yang kuat. Ada banyak cara untuk bisa berkurban, salah satunya adalah rutin menabung. Lalu, bagaimana agar keinginan kita bisa terwujud? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Ladies coba.


1. Menyisihkan Penghasilan Setiap Bulan

Dengan cara rutin menyisihkan uang maka berkurban tidak terasa berat. Ladies bisa menganggapnya seperti membayar cicilan rumah atau motor.
Sebelumnya, kita tentukan dahulu jumlah uang yang harus disisihkan, dihitung dari perkiraan harga hewan dibagi 10–11 bulan, misalnya untuk seekor kambing ukuran sedang, perkiraan harganya adalah Rp2.000.000,00. Harga kambing dibagi 10 bulan sama dengan Rp200. 000,00. Jadi, setiap bulan Ladies harus menyisihkan uang sebesar dua ratus ribu rupiah. Mudah, bukan?


2. Membuat Rekening Khusus

Cara lain yang bisa Ladies coba adalah membuat rekening khusus untuk kurban. Cara ini sangat efektif jika kita berkomitmen tidak mengutak-atik rekening karena uang yang sudah terkumpul akan aman. 


3. Mengikuti Arisan Kurban

Cara ini juga banyak dilakukan masyarakat. Ajaklah saudara atau teman untuk mengadakan arisan. Sebaiknya, kita menentukan kesepakatan dahulu tentang hal-hal yang berkaitan dengan arisan tersebut, misalnya tata cara pembayarannya, jangka waktu, dan jumlah pesertanya. Tindakan ini bertujuan untuk menghindari terjadinya risiko yang tidak diinginkan di kemudian hari.


4. Menabung Emas 

Memiliki tabungan emas banyak sekali manfaatnya, salah satunya dapat dipergunakan untuk membeli hewan kurban. Tabungan ini terbilang stabil karena harga emas dari waktu ke waktu cenderung naik. Saat ini, banyak program tabungan emas yang bisa kita coba, di antaranya menabung di pegadaian. 

Menabung memang terlihat mudah, tetapi praktiknya amat sulit, apalagi terkadang orang menganggap kurban bukan hal yang utama. Jadi, bekali diri dengan niat yang kuat jika kita ingin berkurban. Apabila saat ini Ladies belum mampu membeli hewan kurban, kuatkanlah tekad agar tahun berikutnya mampu berkurban dengan berkomitmen menyisihkan penghasilan. Semoga Allah Swt. memampukan diri kita agar bisa konsisten melaksanakan ibadah. Aamiin.

Related posts

Leave a Comment