3 Tips Mengatasi Gatal-Gatal pada Tubuh saat Musim Dingin

Halo, Smart Ladies!

Pernahkah Ladies tinggal dan merasakan musim dingin di suatu daerah atau negara?

Musim dingin yang menyenangkan bisa menjadi hal yang sangat menganggu pada kita apabila mengalami gatal-gatal pada sekujur tubuh. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Yuk, kita simak langkah-langkah berikut!

1. Biasakan Memakai Krim Pelembap

Biasakan memakai krim pelembap atau handbody lotion setiap sehabis mandi atau setiap bagian anggota tubuh Ladies seperti  wajah atau kaki dan tangan bersentuhan dengan air.

Pada musim dingin, biasanya udara kering dan kelembapan menjadi rendah. Ladies berpikir badan cukup lembap karena dingin, padahal sesungguhnya pemanasan yang terjadi di dalam tubuh atau dinamakan metabolisme itu meningkat. Oleh sebab suhu tubuh di dalam harus menyesuaikan diri dengan suhu tubuh di luar yang dingin. Hal ini berpengaruh pada kelembapan  kulit, pemberian krim lotion membantu mempertahankan kelembapan ini. Hindari kulit yang kering karena kulit tubuh yang kering akan menimbulkan rasa gatal tersebut.

2. Minum Lebih Banyak Air Putih

Cuaca dingin biasanya membuat Ladies malas untuk minum, apalagi keperluan untuk ke kamar kecil biasanya menjadi lebih sering. Hal inilah yang membuat Ladies terkadang menunda atau mengurangi jatah minum air putih, padahal  kebutuhan dasar akan air putih tidak boleh berkurang meski pada musim dingin. Justru pada saat musim dingin pemanasan di dalam tubuh meningkat membutuhkan banyak energi. Itulah mengapa Ladies terkadang menjadi lebih sering makan.  Hal ini harus diimbangi juga dengan lebih sering minum air putih. Jangan dikurangi jatah minum air putih normal per harinya ya, Ladies,  2.5 liter per hari.

3.Menggunakan Pakaian Tertutup

Menggunakan pakaian yang tertutup, lengan panjang dan celana panjang, hal ini bisa menstabilkan suhu di dalam tubuh, sehingga terhindar dari rasa dingin karena udara luar.

Hindari menggunakan pakaian yang berbahan kasar atau tidak halus untuk kulit, bila Ladies sudah memiliki alergi akan cuaca dingin biasanya menyebabkan  mudah sekali menggaruk-garuk tubuh bila sedikit saja ada yang membuat tidak nyaman. Karena itu pilih bahan pakaian yang nyaman bagi kulit, ya, Ladies.

Jangan menggunakan sabun mandi yang bahan kimianya tinggi karena hal ini akan mengurangi kelembapan  pada lapisan terluar kulit. Pilihlah sabun mandi yang lebih banyak mengandung minyak alami atau berbahan dasar herbal, seperti mengandung aloe vera, honey atau argan oil.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba beberapa tips di atas.

 

 

 

About Erni Amran

Erni Amran
Penulis berprofesi sebagai perawat luar negeri ingin berbagi sedikit pengalaman selama merantau di negeri dinar, Kuwait.

Check Also

6 Keunggulan Pembalut Yuspin: Pembalut Kain Kekinian Pilihan Tepat Wanita Cermat

Hello, Smart Ladies! Saat ini, makin banyak orang yang mulai menyadari pentingnya hidup sehat. Bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *