3 Tips Membuat “Bullet Journal” Sederhana

3 Tips Membuat “Bullet Journal” Sederhana

Halo, Smart Ladies!

Apakah wajib bagi Ladies untuk membuat Bullet Journal? Sebagai orang yang tidak menganut paham hidup mengalir laksana air dan berakhir di got, Bullet Journal akan menjadi kontrol terbaik untuk mengisi tahun yang kita alami.

Bagian terbaiknya dari jurnal ini, Ladies akan bisa mengevaluasi akhir dari perjalanan hari, minggu, bulan, bahkan tahun. Setujukah bahwa yang paling berharga dalam hidup itu adalah waktu? Jadi, sayang, kan, kalau terbuang sia-sia?

Oleh karena itu, kita catat apa saja, sih, yang diperlukan saat membuat Bullet Journal?

1. Alat

Oleh karena bentuknya jurnal, Ladies butuh kertas atau buku untuk menulis. Yang biasa digunakan adalah halaman buku dengan titik-titik teratur sehingga bisa membuat pola dan garis dengan rapi. Jika tidak menemukan buku tersebut, bisa juga dengan buku cetak bergaris maupun polos untuk memudahkan berkreasi halaman polos lebih dianjurkan.

Selanjutnya, alat tulisnya berupa pena, spidol warna, pensil, dan penggaris. Ini merupakan kebutuhan dasar karena pada akhirnya, kembali ke selera masing-masing sehingga bisa menambahkan hiasan.

 

2. Tujuan

Ladies harus menentukan isi jurnal terlebih dahulu, apakah untuk sekolah, pekerjaan, atau kesehatan? Hal ini akan berpengaruh dengan isi yang akan Ladies tulis nantinya.

Contoh, jika ingin membuat jurnal tentang hidup sehat dan turun berat badan, Ladies perlu membuat target. Targetkan berapa berat badan yang ingin dicapai, dalam kurun waktu berapa lama. Kemudian,  target-target tersebut dibuatkan tabel rencana setiap hari, minggu, bahkan bulan.

Contoh paling gampang, tabel minum air putih, tabel olahraga, tabel makanan sehat. Tabel-tabel itu nantinya akan diisi sesuai fakta di lapangan sehingga bisa Ladies evaluasi akhirnya.

3. Motivasi

Ladies tentu mempunyai motif kenapa ingin turun berat badan, ataukah ingin mendapatkan beasiswa masuk PTN. Nah, motif ini bisa Ladies implementasikan dalam jurnal. Jadi, isi dari jurnal tidak melulu soal apa yang akan dikerjakan, melainkan perlu tambahan quote-quote yang menggugah semangat.

Banyak moodbooster di sekitar yang bisa Ladies tambahkan supaya konsisten dengan jurnal yang dibuat semenjak awal tahun. Stiker-stiker lucu atau foto-foto idola bisa dipastikan membuat Ladies akan terus membuka jurnal dan mengingat rencana yang dibuat untuk direalisasikan.

Dengan menulis Bullet Journal, harapan Ladies akan mampu mengukur, berapa persen keberhasilan target yang sudah ditentukan. Apakah masih banyak kekurangan atau tercapai dengan sempurna? Apakah waktu Ladies berlalu dengan sia-sia atau bermanfaat? Semoga akhir tahun ini, target Ladies tercapai dengan perencanaan yang matang.

Retno Nofianti
contributor

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 − = 15