Joeragan artikel

3 Tahap Pembentukan dan Manfaat Pendidikan Karakter Pada Anak Sejak Dini yang Wajib Kita Tahu!

Hai, Smart Ladies! Sebagai mahluk sosial, tentunya Ladies membutuhkan orang lain. Beberapa orang yang datang di kehidupan kita, datang membawa berbagai karakter. Ada yang membawa dampak positif bagi kita, tidak jarang memberi pelajaran yang akan berpengaruh dalam pembentukan karakter anak.

Karakter dalam diri seseorang terbentuk melalui kebiasaan sepanjang hidupnya. Hal ini yang mempengaruhi terbentuknya karakter seseorang, diantaranya perasaan, kegiatan sehari-hari, keturunan, dan lingkungan.

Maka dari, itu peran orang tua sangatlah penting dalam pembentukan karakter pada anak. Pasalnya, karakter seorang anak sebagai cerminan dari pembawaan sifat, kepribadian, watak, serta tingkah laku yang diekspresikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ada tiga tahapan yang dapat dilakukan Ladies sebagai orang tua dalam membentuk karakter pada anak, diantaranya sebagai berikut.

1. Tahap Pengembangan

Langkah pertama dengan menanamkan nilai-nilai yang sesuai dengan norma. Lalu, Ladies bisa mengembangkan sifat, kepribadian, dan watak pada anak dengan perlahan. Sederhana saja, misalnya dengan membiasakan kata tolong, maaf dan terimakasih. Dengan seperti itu diharapkan karakter anak dapat berkembang dengan didikan perilaku yang baik.

2. Tahap Perbaikan

Perbaikan dalam hal ini bukan tentang memperbaiki yang salah. Pada dasarnya, anak masih dalam masa perkembangan yang dalam prosesnya pasti ada saja tantangannya. Sebagai orang tua, kita berperan penting sebagai pembentuk karakter yang tegas, tetapi tanpa paksaan. Ladies bisa tunjukkan dengan memberi contoh langsung kepada anak. Hal ini bertujuan agar anak dapat mengerti tentang mana yang baik dan mana yang buruk. Sehingga akan menjadi kebiasaan pada diri anak.

3. Tahap Penyaringan

Orang tua sebagai panutan harus menjadi filter dalam pembentukan karakter yang ada dalam diri anak. Ladies bisa melihat dari lingkungan sekeliling si anak. Meskipun dirumah sudah berusaha sebaik mungkin mendidik anak, tetapi lingkungan di luar rumah juga sangatlah berpengaruh. Jalan satu-satunya, adalah kita harus menyaring apa yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku.

Setelah Ladies mengetahui tahapan dalam pembentukan karakter pada anak, selanjutnya, perlu juga memahami manfaatnya. Apa saja itu? Mari kita simak.

1. Membentuk Karakter Diri

Pembentukan karakter sejak dini bertujuan untuk membentuk karakter diri. Pendidikan karakter menjadikan individu yang maju, mandiri, tangguh, dalam menggengam prinsip, dan penuh tanggung jawab.

2. Melatih Mental dan Moral

Manfaat berikutnya, yaitu meningkatkan kondisi mental dan moral individu, agar tercipta suasana yang kondusif dan mencegah terjadinya pepecahan. Ini juga bertujuan menghadapi segala masalah dan bijak menerapkan keadilan.

3. Baik dalam Mengambil Keputusan dan Bertanggung Jawab

Dalam pembentukan karakter anak juga bermanfaat meningkatnya moral dan kemampuan berpikirnya. Oleh karena itu, seseorang akan lebih bijak dalam mengambil keputusan dan mendorong rasa bertanggung jawab yang besar jika mempunyai pendidikan karaktee yang bagus.

Nah, Ladies, itulah ketiga tahapan dan manfaat pendidikan karakter sejak dini yang harus kita pahami. Semoga bermanfaat!

Editor: Purwani Wijayanti

#maratonmenulisartikel

#joeraganartikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Hubungi Kami