Image by Free-Photos from Pixabay

3 Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan saat Cuaca Buruk

Halo, Smart Ladies!

Sebagaimana diketahui, kondisi udara di beberapa daerah saat ini sangat memprihatinkan. Musim kemarau di Jawa serta pembakaran lahan dan hutan menimbulkan kabut asap di Sumatra dan Kalimantan.

Aktivitas masyarakat di luar rumah jadi terkendala. Selain itu, mereka harus terus waspada. Dilansir dari cnnindonesia.com, sejumlah siswa sekolah di Sumatra, khususnya di Pekanbaru, Riau, pingsan dan terserang ISPA.

Buruknya kualitas udara tentu akan berakibat buruk pada kesehatan. Tidak sedikit aktivitas terpaksa dihentikan. Pada cuaca buruk seperti ini, beberapa penyakit akan muncul, seperti gangguan pernapasan, gangguan penglihatan, batu, dan lain sebagainya. Tak heran, seseorang akan mudah terserang berbagai penyakit lantaran daya tahan tubuhnya rendah.

Demikian pula anak sekolah, mereka rentan terkena penyakit sehingga sebagian kegiatan belajar di sekolah diliburkan. Tujuannya untuk menghindari paparan udara yang berbahaya bagi kesehatan.  Parahnya, sebagian orang kurang memperhatikan pentingnya menjaga kesehatan saat cuaca buruk. Padahal, bisa saja penyakit menyerang tiba-tiba dan tidak mustahil akan menelan korban jiwa. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan, terutama pada anak. Berikut ini tiga alasan pentingnya menjaga kesehatan saat cuaca buruk.

1. Tubuh Tetap Fit dan Segar

Cara teraman untuk menghindari dampak cuaca buruk adalah tetap tinggal di dalam rumah. Namun, bagi sebagian masyarakat, aktivitas di luar rumah tidak bisa dihindari, misalnya untuk bekerja atau bersekolah. Akibatnya, tubuh terpapar sinar matahari, asap, dan lainnya. Membekali diri dengan makanan dan minuman sehat dari rumah saat bekerja dapat dilakukan untuk tetap mrnjaga kesehatan. Selain itu, olahraga juga penting dilakukan agar tubuh tetap fit dan segar sepanjang hari.

2. Menjauhi Stres

Tuntutan pekerjaan sering kali membuat seseorang lupa menjaga kesehatan, terutama di saat cuaca buruk. Banyak aktivitas di luar yang tidak dapat dihentikan dalam waktu yang panjang. Hal ini akan memengaruhi kondisi psikologis sehingga orang menjadi lebih mudah stress, emosional, dan sebagainya. Oleh karena itu, tetaplah berpikir positif dan tidak menuntut sesuatu di luar kemampuan agar kondisi kesehatan tetap terjaga, meskipun dalam keadaan cuaca buruk.

3. Bersikap Tenang dan Waspada

Cuaca buruk dapat membuat seseorang panik. Hal ini menyebabkan mereka melakukan aktivitas berlebihan yang akan memperburuk kondisi kesehatan, seperti menambah jam kerja dan lainnya. Jika terus dilakukan, hal ini bisa mengganggu kesehatan. Jadi, bersikaplah tenang dan waspada agar tubuh tetap sehat.

Ladies, itulah tiga alasan penting menjaga kesehatan saat cuaca buruk. Semoga bermanfaat, ya.

About mbok jun wati

mbok jun wati
Ibu dari 4 Ladies, Menyukai dunia menulis sejak SMU, saat ini terus belajar menerbitkan beberapa tulisan fiksi dan non fiksi (fb: juniawatisalamat, mbokwati18blogspot)

Check Also

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Halo, Ladies! Terkadang kita sering lupa untuk merawat kesehatan mata, padahal kita tahu bahwa mata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *