12 Profesi untuk Ladies yang Suka Menulis

12 Profesi untuk Ladies yang Suka Menulis

Halo, Smart Ladies, punya hobi menulis? Keterampilan yang satu ini bisa dijadikan sumber pemasukan, lo!  Sebutlah para penulis novel yang buku-bukunya selalu Best Seller, seperti Andrea Hirata, Dewi Lestari dan Tere Liye. Para penulis naskah layar TV dan layar lebar juga tidak main-main pendapatannya. Contohnya saja seperti : Salman Aristo, Jujur Prananto, dan Prima Rusdi.

Bahkan, Raditya Dika dengan kreativitasnya bisa menjadi penulis novel, kemudian merambah menjadi penulis skenario hingga memfilm-kan karyanya sendiri, tentu saja keterampilannya ini memberikannya banyak penghasilan secara pribadi. Ia mulai mendulang kesuksesan hanya dengan menuliskan pengalamannya selama ia menuntut ilmu di Australia dahulu.

Lalu, apakah menulis itu selalu identik dengan menerbitkan buku? Oh, tidak selalu, karya tulis kita bisa kok, diapresiasi dalam bentuk-bentuk lain. Simak dulu deh, daftar 12 profesi berikut yang bisa  dipilih dan tentukan yang mana yang paling cocok untuk Smart Ladies.

1. Jurnalis

Menjadi seorang wartawan/jurnalis tentu saja memerlukan keahlian menulis. Seorang jurnalis tidak hanya sekedar menuliskan kembali fenomena dan informasi yang ada di lapangan sehingga dapat tersampaikan dengan baik.  Data dan fakta lapangan yang berhasil dikumpulkan tersebut juga harus bisa dikemas dengan bahasa yang menarik agar pembaca atau pemirsa yang menyimak di berbagai media dapat memahaminya.

2. Editor            

Semua tulisan yang akan diterbitkan oleh berbagai media sangat membutuhkan profesi ini sehingga tulisan menjadi lebih nyaman dibaca, serta sesuai dengan kaidah penulisan yang baik dan benar. Tentunya kamu sebagai penulis harus terus mengasah skill ini sebab sebagai penulis kita biasanya juga me-review hasil tulisan kita sendiri terlebih dahulu, bukan?

3. Novelis dan Cerpenis

Profesi ini tak pernah kehabisan Peminat. Banyak penulis yang sudah berhasil menjadi seorang novelis dan cerpenis. Kamu bisa mengirimkan naskahmu ke berbagai media dan penerbit atau bisa juga menerbitkannya sendiri secara indi.  Bahkan untuk cerpen bisa juga menerbitkannya secara antologi bersama para cerpenis lainnya, maka pastikan karya tulisan Smart Ladies cukup khas dan tentukanlah target pembaca agar karya yang ditulis stand out atau menonjol dibandingkan penulis novel atau cerpen lainnya.

4. Translator

Seorang translator juga banyak dibutuhkan oleh berbagai media dan instansi. Kamu bisa menerjemahkan berbagai informasi dan konten yang beragam sesuai dengan kebutuhan, bahkan ada sertifikasi khusus untuk para penerjemah sehingga kualitas penerjemah dapat diakui dan pastinya menghasilkan rate penghasilan yang sesuai dengan tingkat keterampilanmu.

5. Transkriptor/Captioning            

Bila Smart Ladies memiliki kemampuan untuk mendengar dengan baik, menghafalkan, dan menerjemahkan (bila perlu), maka Smart Ladies bisa melakoni profesi transkriptor atau captioning. Yang dilakukan dari profesi ini adalah merekam kembali apa yang didengar untuk menjadi sebuah naskah. Profesi ini cukup mudah dilakukan, tetapi memerlukan konsentrasi yang cukup tinggi.

6. Peneliti (Penulis Ilmiah)

Dunia akademis selalu memberikan ruang untuk penelitian dan eksperimen. Dengan kemampuan menulis ilmiah yang baik, tentunya hasil penelitian tersebut dapat tersampaikan dengan sistematis dan membawa manfaat bagi siapa pun yang membacanya sesuai dengan keilmuannya masing-masing.

7. Ghost Writer

Bukan berarti jadi hantu, lo, ya!, Ghost writer adalah penulis yang keahlian menulisnya digunakan, tetapi  namanya tidak dimunculkan. Mungkin bagi Smart Ladies yang pemalu atau berada dalam satu proyek dengan kesepakatan tertentu profesi ini bisa jadi solusi. Yang pasti, penghasilannya nyata kok!

8. Copy Writer

Dengan berkembangnya media dan toko online, belakangan ini banyak sekali orang-orang yang memasarkan produk atau jasa mereka di media sosial agar banyak dilirik oleh calon pembeli. Dengan copywriting yang persuasif dan memikat diharapkan akan terjadi transaksi pembelian. Nah, copywriter ini sering juga disebut sebagai penulis iklan.

9. Content Writer

Apa beda copy writer dan content writer? Pada dasarnya tujuannya sama, yaitu untuk mendatangkan pengunjung potensial ke dalam website atau toko online dalam rangka promosi. Kemampuan content writing menjadikan sebuah konten menjadi lebih halus dan mengalir sehingga apa yang ditulis tidak selalu terlihat layaknya iklan yang to the point  dalam menyampaikan sebuah iklan penawaran ataupun informasi lainnya. Pembaca akan merasa nyaman sebab konten yang viral adalah konten yang sangat dibutuhkan dalam era digital ini.

10. Scriptwriter/Screenwriter

Bagi Smart Ladies para penikmat film dan layar kaca televisi dan memiliki kegemaran menulis, pastinya ingin juga kan, bisa membuat karya yang pada akhirnya akan ditayangkan? Coba deh, tawarkan karya naskah skenario Smart Ladies ke rumah-rumah produksi!

11. Blogger

Apapun minat Smart Ladies bisa di tuliskan dalam blog pribadi dan memiliki pembaca yang juga memiliki minat yang sama. Keuntungan menjadi seorang blogger adalah selain bisa berbagi kisah, minat dan wawasan secara lebih independen. Smart Ladies juga bisa berinteraksi dan menjalin relasi dengan mereka yang mengunjungi blog. Blog juga bisa dijadikan ajang promosi bagi siapa pun yang berminat mengiklankan produknya pada blog yang Smart Ladies miliki, tentu saja pastikan blog yang kita kelola sudah memiliki cukup banyak pembaca.

12. Penyair

Suka menulis syair atau puisi? Menjadi penyair juga bisa jadi profesi untuk Smart Ladies dalam mengekspresikan semua yang dilihat dan dirasakan. Tak jarang bila syair-syair tersebut sangat digemari dan perlu dibukukan, dipentaskan, bahkan digubah menjadi syair lagu. Menjadi penyair itu unik karena Smart Ladies dihargai akan kemampuannya dalam mengekspresikan sesuatu melalui rangkaian kata yang indah singkat.

Nah, cukup banyak peluang kan agar kegemaran menulis Smart Ladies menjadi profesi yang menghasilkan? Uniknya lagi, kamu bebas menentukan apakah hendak dikerjakan secara lepas (freelance) ataukah hendak dijadikan penghasilan utamamu dengan potensi penghasilan yang tak terbatas. So… Semangat menulis!

Asri Wulandari
contributor

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

71 + = 80