Joeragan artikel

๐—ž๐—ฒ๐—ฏ๐—ถ๐—ฎ๐˜€๐—ฎ๐—ฎ๐—ป ๐— ๐—ฎ๐—ป๐—ฑ๐—ถ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐— ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐˜†๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ž๐—ฒ๐˜€๐—ฒ๐—ต๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป [Silvia/Pixabay.com]

๐—ž๐—ฒ๐—ฏ๐—ถ๐—ฎ๐˜€๐—ฎ๐—ฎ๐—ป ๐— ๐—ฎ๐—ป๐—ฑ๐—ถ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐— ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐˜†๐—ฎ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ž๐—ฒ๐˜€๐—ฒ๐—ต๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ป

Hai, Smart Ladies!ย Mandi adalah sebuah kebutuhan yang tidak boleh dilewatkan. Selain membuat tubuh bersih dan segar, dengan kebiasaan mandi yang benar, maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit.

Namun, tahukah Ladies, jika mandi juga bisa menjadi berbahaya karena mempunyai efek yang buruk untuk kita.

Nah, supaya kita bisa terhindar dari hal tersebut, yuk, kenali empat kebiasaan mandi yang berbahaya bagi tubuh kita.

1. Mandi Setelah Melakukan Aktivitas Berat

Mandi setelah melakukan aktivitas berat seperti olahraga, bekerja di ladang, kuli bangunan dan lain-lain, bisa berbahaya jika tanpa adanya pendinginan terlebih dahulu. Memang setelah beraktivitas berat, tubuh biasanya terasa pegal, lelah dan lengket, langsung mandi merupakan solusi yang banyak dilakukan.

Ternyata kebiasaan ini akan mengakibatkan resiko terkena penyakit jantung. Mandi setelah beraktivitas berat bisa membuat pembuluh darah melebar, hal ini dikarenakan jantung akan memompa darah lebih cepat dan suhu tubuh jadi naik. Untuk mencegah hal tersebut, lakukan pendinginan lebih dahulu, istirahat selama kurang lebih lima belas menit, sehingga suhu badan dan detak jantung kembali normal.

2. Mandi Malam

Menurut penelitian secara medis, belum ada yang menyatakan kalau mandi malam hari sebelum tidur berbahaya, bahkan hal ini dikatakan hanya sebagai mitos saja. Namun, ada beberapa hal yang harus kita waspadai saat mandi malam hari, apalagi dengan air dingin.

Kebiasaan mandi malam dengan air dingin bagi sebagian orang berpotensi meningkatkan penyakit yang dideritanya. Contohnya, orang berpenyakit rematik. Meskipun penyakit rematik bukan disebabkan karena sering mandi malam, tetapi karena suhu dingin, suhu yang terlalu dingin akan memperparah gejala rematik terutama bagi para lansia.

Selain itu, mandi malam dengan air dingin juga berisiko menimbulkan hipotemia, yaitu penurunan suhu tubuh yang diakibatkan oleh air atau udara yang terlalu dingin, tentu saja hal ini akan berdampak pada kesehatan. Jadi, jika ingin mandi malam, pastikan menggunakan air hangat, agar terhindar dari berbagai masalah yang buruk.

3. Mandi dengan Berbagi Sabun

Memakai sabun batangan beramai-ramai dengan orang lain berisiko buruk pada masalah kesehatan, karena bakteri yang menempel pada sabun batangan yang dipakai bersama-sama akan berpindah kepada orang yang menggunakan sabun tersebut.

Jika kita mempunyai pilihan lain, gunakanlah sabun cair, karena lebih aman dari risiko penularan penyakit. Namun, bila terpaksa menggunakan sabun batangan beramai-ramai. Bilaslah dulu sabun tersebut sebelum digunakan.

Nah, Ladies, setelah kita mengetahui tiga kebiasaan mandi yang membahayakan tubuh, ada baiknya kita lebih hati-hati dalam memilih waktu mandi dan sabun yang digunakan.

Selain masalah tersebut di atas, ada lagi yang harus diperhatikan mengenai masalah mandi ini, Ladies. Salah satunya adalah penggunaan handuk.

Secara fungsi, handuk digunakan untuk mengeringkan tubuh yang basah setelah mandi. Namun, jangan karena digunakan untuk menyeka badan yang basah, kita lalu menyimpan handuk basah seenaknya dengan anggapan nanti juga dipakai lagi untuk menyeka badan basah.

Padahal, handuk yang basah bisa menjadi sumber berkembangbiaknya bakteri dan kuman-kuman penyebab sakit kulit, lo. Smart Ladies akan rugi, sudah bersusah payah mandi dengan menggunakan sabun agar terbebas dari kuman, tetapi,memakai handuk lembab yang penuh dengan kuman.

So, jemurlah handuk secara rutin di tempat yang terkena cahaya matahari atau udara terbuka. Jangan lupa untuk mencucinya secara rutin agar kebersihannya tetap terjaga. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Namun, untuk menjaga kebersihan itu diperlukan pengetahuan agar tidak sia-sia.

Nah, Ladies, semoga kita semua selalu sehat, ya.

 

Kata kunci: Mandi

Editor: Fitri Junita

#maratonmenulisartikel

#joeraganartikel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Hubungi Kami