Sulit Berbagi? Inilah 5 Tips Berbagi Semudah Tersenyum

Halo, Smart Ladies!

Pernahkah Ladies berpikir jika ingin berbagi, nanti saja kalau sudah menjadi orang kaya dan sukses? Buat apa juga berbagi, jika hidup saja masih pas-pasan, apalagi masih serba kekurangan. Eith, tunggu dulu. Ternyata berbagi itu tidak perlu nunggu kaya. Betul, masih banyak yang beranggapan jika berbagi itu hanya untuk orang kaya saja.

Padahal Allah membuka pintu rezeki dari berbagai arah. Salah satunya dari arah sedekah, yakni berbagi pada orang lain. Ingatlah, dengan berbagi tidak akan mengurangi rezeki kita, tapi justru Allah tambahkan dengan berlipat ganda. Berbagi salah satu tanda kita mensyukuri nikmat yang diberikan Allah kepada kita.

Nah, Ladies, agar sedekah terasa mudah, berikut ini adalah tips mudah berbagi semudah memberikan senyuman. Ingin tahu apa saja, yuk, simak berikut ini.


1. Menebar Benih Ikan di Sungai

Dengan menebar benih ikan di sungai, berarti kita sudah turut menjaga kelestarian habitat sungai. Tahukah Ladies, jika ikan yang disebar itu akan dipancing oleh seseorang yang sangat membutuhkan untuk lauk makan keluarganya.


2. Menanam Pohon Buah di Halaman Rumah

Jika Ladies mempunyai halaman yang cukup luas, tidak ada salahnya jika ditanami dengan tanaman buah. Tanamlah di pojok yang dekat dengan jalan umum, jika berbuah nanti, banyak orang yang bisa mengambil hasilnya. Begitu pun burung-burung yang mencari makan. Selama pohon itu berbuah dan dinikmati banyak orang, pahala akan mengalir terus pada si empunya.


3. Menabung

Setiap selesai salat Subuh, sisihkan uang lima ribu rupiah ke dalam celengan khusus. Setelah terkumpul selama satu bulan, uang itu dapat dibelikan makanan pada kaum duafa atau orang-orang yang membutuhkan.


4. Mencuci Mukena Masjid

Jika kita mempunyai mukena yang jarang dipakai, tetapi masih bagus, sebaiknya bawa ke masjid, musala terdekat, atau rumah sakit. Lalu, minta izin pada marbot masjid untuk mencuci mukena kotor di masjid tersebut. Sementara itu, gunakan dengan mukena yang kita bawa.


5. Unggah di Media Sosial

Banyak kata mutiara, motivasi, resep masakan, tips mencuci atau apa saja yang bermanfaat, bisa kita unggah di akun media sosial. Mungkin terlihat sepele, tetapi siapa tahu ada orang yang membutuhkannya. Selain itu, kita bisa menuai like dari daftar pertemanan.

Nah, bagaimana Ladies, berbagi itu mudah bukan? Jadi, tidak perlu menunggu sukses dan kaya karena bisa dilakukan dari hal sederhana. Berbagi itu, selain menyenangkan, dapat juga menyehatkan jiwa dan raga. Mari mulai dari sekarang karena berbagi, semudah kita tersenyum kepada orang lain.

 

.

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah

Related posts

Leave a Comment