Memahami Fobia Sekolah

Halo, Smart Ladies!

Pernahkah mendengar kata fobia? Atau mungkin Ladies dan orang-orang terdekat pernah mengalami fobia? Ya! Fobia adalah suatu kondisi kecemasan atau ketakutan yang berlebihan dalam diri individu terhadap suatu hal atau fenomena tertentu. Saking berlebihannya, fobia tak jarang menghambat aktivitas sehari-hari.

Ada banyak jenis fobia, salah satunya adalah school phobia atau fobia sekolah. School phobia disebut juga school refusal atau school avoidance, yaitu menolak untuk sekolah dan menghindari sekolah. Fobia sekolah adalah suatu bentuk kecemasan berkaitan dengan pergi ke sekolah dan bersifat kronis karena bisa memunculkan gejala-gejala seperti stres, panik, dan sangat khawatir.

Fobia sekolah lebih banyak terjadi pada usia antara 11-14 tahun (remaja) atau ketika anak hendak memasuki jenjang pendidikan SMA. Mengapa? Anak pada usia ini sudah mengalami berbagai hal pada jenjang pendidikan sebelumnya. Di samping itu, fobia sekolah juga dapat terjadi setelah anak mengalami sakit cukup lama atau libur panjang.

Berbeda halnya dengan rasa takut yang terjadi pada usia yang lebih muda, yaitu ketika hendak masuk prasekolah atau sekolah dasar. Rasa takut atau cemas yang terjadi pada usia ini lebih disebabkan ketidaktepatan pola asuh dan pola didik terhadap anak dalam menanamkan persepsi tentang sekolah.

Ladies, fobia sekolah bersifat kasuistik, hanya terjadi pada beberapa anak saja dengan karakterisitik kepribadian. Biasanya, fobia sekolah terjadi pada anak yang temperamen. Selain itu, situasi di sekolah dan di rumah dapat menjadi pemicu fobia sekolah.

Di antara faktor penyebab fobia sekolah adalah:
1. Tugas yang menumpuk disertai toleransi stress yang rendah pada anak;
2. Terjadi bullying atau rasa malu;
3. Perceraian atau kematian anggota keluarga;
4. Sakit yang lama sehingga anak ketinggalan banyak pelajaran dan malu ataupun malas untuk mengejar ketertinggalan;
5. Libur panjang;
6. Permusuhan dengan teman sebaya;
7. Pengalaman traumatik;
8. Patologis, yakni adanya gangguan kecemasan.

Beberapa gejala fobia sekolah yang muncul adalah sering mengeluh sakit, menghindari tugas, bolos sekolah, dan sebagainya. Bahkan, jika terjadi perubahan yang tiba-tiba pun bisa menjadi tanda awal dari fobia sekolah.

Untuk menentukan apakah seseorang mengalami fobia sekolah atau bukan, tentu saja Ladies harus berkonsultasi kepada ahlinya.

Namun, dengan sedikit memahami tentang fobia sekolah, kita setidaknya lebih waspada dan lebih memperhatikan anak-anak.

Related posts

Leave a Comment