Tips Mengelola Stres dan Emosi Negatif

Hai, Smart Ladies!

Masalah merupakan bagian dari kehidupan yang tidak dapat dihindari, entah itu berasal dari masa lalu, lingkungan sekitar, pekerjaan, hubungan asmara, dan lain sebagainya. Terkadang, masalah yang dihadapi dapat membuat kita stres dan emosi. Emosi adalah reaksi yang ditunjukkan kepada seseorang atau sesuatu.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa semakin banyak tekanan emosi negatif yang dirasakan, semakin besar risiko depresi. Hal ini disebabkan stres maupun sedih yang berkepanjangan dapat melepaskan banyak hormon stres di dalam tubuh. Agar terhindar dari hal demikian, hal yang paling penting dilakukan saat stres adalah menenangkan diri. Ketenangan diri dapat membuat kita lebih rileks sehingga mampu berpikir jernih. Pada kondisi tertentu, ada sebagian orang merasa lega jika melampiaskan emosinya, tetapi cara tersebut tidak baik sebab akan membuat keadaan semakin rumit.


Ada beberapa tips mengelola stres dan emosi negatif adalah:


1. Terapi Menulis


Saat sedang stres, kita bisa mengungkapkan semua emosi dan kegalauan pada tulisan. Terapi menulis ini dapat menjadikan emosi Ladies tersalurkan dengan baik. Bahkan ini bisa menjadi metode terapi yang sangat aman tanpa efek samping. Ketika stres hilang, Ladies bisa membuka kembali catatan emosinya sebagai bahan introspeksi diri atau kenangan masalah lalu.


2. Mendengarkan Musik


Mendengarkan musik salah satu cara mengelola stres atau emosi negatif. Ladies bisa mendengarkan musik-musik klasik atau lagu favorit sebagai penghibur.


3. Berolah Raga


Bagi Ladies yang gemar berolahraga, olahraga juga bisa mengelola stres dan emosi negatif. Gerakan-gerakan yang dilakukan dapat melancarkan peredaran darah dan memberikan energi positif.


4. Pijat


Pijat juga bisa dijadikan salah satu alternatif. Sentuhan-sentuhan lembut saat dipijat membuat Ladies terasa nyaman dan rileks. Saat itulah pikiran kembali tenang dan dapat berpikir positif.


5. Melakukan Hobi


Menyalurkan hobi yang digemari juga dapat membantu mengelola stres dan emosi. Misal, Ladies suka menggambar, membuat kerajinan tangan, bercocok tanam, dan lain sebagainya. Cara ini bisa mengalihkan perhatian stres yang dihadapi. Saat Ladies menyalurkan hobi tentu akan lebih fokus pada pekerjaan tersebut.


6. Mendekatkan Diri pada Sang Pencipta


Saat stres dan emosi melanda, tentu hati kita dibuat galau. Tidak heran pada kondisi tersebut, banyak orang yang depresi, lalu bunuh diri. Sebagaimana kita ketahui, bunuh diri dilarang dalam ajaran Islam. Agar terhindar dari hal tersebut, dekatkan diri kepada Sang Pencipta. Dia-lah pemilik segala yang ada di langit dan di bumi. Berdoa dan bersujud kepada Sang Pencipta, meminta petunjuk atas permasalahan yang dihadapi agar dikuatkan dan diberi jalan penyelesaian.

Nah, Ladies. Semoga beberapa tips mengelola emosi di atas bermanfaat, ya.

Related posts

Leave a Comment