5 Destinasi Wisata Candi di Jawa Tengah yang Eksotis dan Menakjubkan

Hai, Ladies!

Jawa Tengah merupakan salah satu wilayah yang ada di tanah air. Dibandingkan dengan Jawa Barat dan Jawa Timur, Jawa Tengah memiliki wilayah yang paling kecil. Meski demikian, provinsi yang dikenal dengan budaya dan tata kramanya ini kaya akan destinasi wisata, khususnya wisata sejarah. 

Ladies yang menyukai wisata sejarah dan budaya, cobalah mengunjungi peninggalan berupa candi. Selain Borobudur yang sudah sangat terkenal itu, Jawa Tengah juga memiliki daftar panjang candi yang tak kalah indahnya. Apa saja itu? Yuk, kita simak informasi berikut ini.


1. Candi Sukuh, Karanganyar

Candi Sukuh terletak di Desa Berjo, Kabupaten Karanganyar. Berbeda dengan bangunan candi pada umumnya di Indonesia, Candi Sukuh memiliki bentuk unik dan hampir menyerupai piramida Chichen Itza di Meksiko. Selain itu, relief yang dimiliki sangat tak lazim, yaitu berupa alat kelamin. Konon, ini bermakna sebagai lambang kesuburan dan keberlangsungan hidup antar generasi.

Candi Sukuh berada kurang lebih 36 km dari Surakarta atau Solo dan 20 km dari pusat Kota Karanganyar. Candi ini berada tepat di lereng Gunung Lawu sehingga wisatawan akan menemukan kesejukan dan pemandangan yang menakjubkan saat menuju lokasi candi.


2. Candi Gedong Songo, Ungaran

Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang, berjarak sekitar 45 km dari pusat Kota Semarang. Nama Candi Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa, “gedong” artinya bangunan dan “songo” berarti sembilan. Meski demikian, hanya beberapa candi saja yang masih bisa kita lihat di sana.

Jika berkunjung ke Candi Gedong Songo, jangan lupa berswafoto. Di tempat ini, terdapat banyak spot yang menarik, seperti taman bunga, balon raksasa, sangkar, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga wisata berkuda yang bisa Ladies coba untuk berkeliling mengitari kompleks candi ini.


3. Candi Plaosan, Klaten

Candi Plaosan adalah kompleks percandian yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan. Komplek Candi Plaosan dibangun pada pertengahan abad ke-9. Komplek candi dibagi menjadi dua bagian, yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Masing-masing candi memiliki halaman yang cukup luas dan dilapisi rumput hijau.

Selama di perjalanan menuju lokasi candi, Ladies akan menikmati pemandangan yang menakjubkan karena lokasinya berada di tengah area persawahan. Pada saat-saat tertentu, kita bisa melihat petani yang sedang membajak sawah atau melihat gerobak sapi yang melintas.


4. Candi Pringapus, Temanggung

Candi Pringapus hingga kini masih berdiri kokoh di Desa Pringapus, Kabupaten Temanggung. Dibangun pada tahun 853 Masehi, daya tarik Candi Pringapus terdapat pada seni pahatannya yang halus dan indah. Selain itu, ada pula kolam yang airnya tak pernah kering, walau musim kemarau.

Karena letak Candi Pringapus berada di lereng Gunung Sindoro, suasana sejuk dan tenang akan terasa saat mengunjungi tempat ini. Dari pusat Kota Temanggung, tempat ini berjarak sekitar 32 km ke arah timur laut. Pada zaman dahulu, Candi Pringapus menjadi tempat pemujaan Dewa Syiwa.


5. Candi Pawon, Magelang

Candi Pawon terletak di Desa Wanurejo, Kabupaten Magelang, berjarak sekitar 6 menit ke arah timur Candi Borobudur. Pada zaman dahulu, candi ini digunakan sebagai tempat menyimpan senjata para raja. Di sini, Ladies akan disuguhi udara segar khas pengunungan saat menuju lokasi candi. 

Jika Ladies berlibur ke Jawa Tengah, luangkan waktu untuk mengunjungi sejumlah candi di atas. Selain bisa belajar sejarah, candi-candi tersebut memiliki keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Yuk, melihat kemegahan dan indahnya candi secara langsung.

Related posts

Leave a Comment