Tips agar Anak Betah di Pondok Pesantren

Halo, Smart Ladies!


Tak terasa, kita telah sampai ke penghujung waktu liburan. Waktu liburan yang sangat penjang menyebabkan efek tersendiri bagi orang tua yang anaknya sekolah di pondok. Salah satunya adalah “baperan” karena sebentar lagi mereka akan meninggalkan Ladies kembali memulai kehidupan di pondok.


Pondok pesantren salah satu pilihan terbaik yang juga banyak diminati orang tua. Namun, tak mudah bagi seorang anak, apalagi yang berusia dibawah 12 tahun untuk berpisah dari orang tua dan keluarga.


Berikut ini, beberapa tips yang dapat dipraktikkan untuk membuat anak betah di pondok.


1. Ikhlas Melepas Anak Mondok

Memilih sekolah yang terbaik untuk anak merupakan kewajiban orang tua. Orang tualah yang membuat pilihan dan memasukkan anaknya ke pondok pesantren. Namun, bila saatnya tiba dan sementara waktu harus berpisah dengan buah hati, tentu orang tua tetap merasa bersedih.

Sebagai orang tua, pastinya terselip juga rasa berat di hati. Rasa yang disertai dengan kegelisahan dan kekhawatiran ini terkadang juga membuat anak menjadi gelisah selama mondok. Oleh karena itu, Ladies juga harus belajar ikhlas dan rela membiarkan anak tinggal di pondok.

 

2. Meyakinkan Anak Bahwa Pesantren Pilihan Terbaik

Ladies haruslah dapat menunjukkan rasa bangga kepada anak karena mau menuruti orang tua untuk masuk pondok pesantren. Ucapkan hal tersebut kepada anak setiap kali Ladies menengok mereka. Rasa bangga Ladies dapat memotivasi dan dan membuat anak lebih semangat serta kuat karena anak merasa bisa membuat orang tuanya bahagia.

 

3. Berikan Motivasi dan Dorongan Selama Mondok

Ladies yang pernah merasakan mondok tentu paham bahwa hari-hari terberat berada di sana adalah tahun pertama. Selain harus beradaptasi dengan lingkungan baru tanpa orang tua, juga harus mengikuti kegiatan dan peraturan di pondok pesantren. Dalam menghadapi hal ini, Ladies sebagai orang tua serta anggota keluarga yang lain harus terus dapat memberikan motivasi dan dorongan kepada anak.

 

4. Ajarkan Ikhlas Kepada Anak

Ladies sebagai orang tua harus dapat mengajarkan anak ikhlas selama menempuh pendidikan di pondok. Dibutuhkan persiapan agar anak ikhlas, yakni dengan mengajarnya sedini mungkin, sebelum anak mondok.

 

5. Mengingatkan Tujuan Masuk Pondok

Tujuan awal memasukkan anak ke pondok adalah agar anak dapat menyerap ilmu agama dan pendidikan lainnya dengan baik. Ketika anak selalu mengeluh dan rewel karena tidak betah di pondok, ingatkan tujuan awal tersebut. Belajar mendapatkan pendidikan dan ilmu agama kelak sangat bermanfaat bagi dunia dan akhirat.

 

6. Ajarkan Disiplin dan Mandiri Selama di Rumah

Tidak memanjakan anak adalah merupakan cara mendidik anak yang baik di rumah. Biasakan anak untuk disiplin dan mandiri di rumah agar nantinya kebiasaan baik tersebut akan dapat dibawa ke pondok. Hal ini akan membantu anak lebih mudah beradaptasi dengan kehidupan di pondok pesantren.

 

Itulah enam tips yang mungkin dapat Ladies gunakan agar dapat membuat anak betah di pondok pesantren pada tahun pertama. Selamat mencoba.

Sumber gambar utama : nu.or.id (website NU online)

Related posts

Leave a Comment