5 Tips Membuat Siswa Merasa Happy  Beradaptasi di Sekolah Baru

Hai, Smart Ladies. 

Setiap tahun ajaran baru, banyak masalah yang terjadi di sekolah, salah satunya adalah siswa baru atau pindahan yang mengalami kesulitan beradaptasi. Jika Ladies adalah seorang pendidik, harus memahami keadaan siswanya di kelas, bukan? Tidak mudah menghadapi siswa baru, diperlukan kesabaran dan ketelatenan.

Namun, jangan khawatir, Ladies. Berikut ini adalah lima tips yang dapat dilakukan untuk membuat siswa merasa happy melewati masa adaptasinya di sekolah baru.

 

1. Membangun Komunikasi dengan Siswa

Kita tidak pernah mengetahui yang dipikiran siswa bermasalah jika tidak membuka dan membangun komunikasi intens dengan mereka. Cobalah menggali masalahnya dengan cara bersahabat untuk mengetahui kesulitannya. Komunikasi yang santai membuat siswa merasa kuat, sabar, dan Ladies pun bisa menanggapinya dengan kepala dingin agar solusi mudah didapat.

 

2. Menghadirkan Situasi dan Kondisi yang Nyaman

Berkomunikasi adalah menyampaikan pesan yang bisa direspons dengan baik oleh pihak lain. Sebagai guru, Ladies harus menyampaikan ide serta masukan positif yang membangun siswanya, bukan? Untuk itu, hal penting yang harus dipertimbangkan adalah pemilihan bahasa, situasi, dan kondisi yang tepat tanpa memaksakan kehendak yang akan merusak komunikasi itu sendiri.

Kita juga harus memahami waktu serta cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan kasih sayang dan menjauhkan emosi sehingga siswa baru berani terbuka dan tidak sungkan mengutarakan keluhannya.

 

3. Menjadi Teman untuk Mencurahkan Perasaan yang Baik

Setiap siswa tentu ingin memiliki seorang guru yang mengasyikkan dijadikan tempat berkeluh kesah. Masing-masing murid tidak sama kemampuannya dalam beradaptasi, ada yang cepat, tetapi ada pula yang memerlukan waktu lebih lama.

Oleh karena itu, kita harus mengenal serta memahami karakter setiap siswa. Jadilah guru kebanggaan dengan cara menjadi sahabat yang mengasyikkan bagi mereka.

 

4. Memberi Kesempatan Mengembangkan Hobi

Menggali minat serta bakat siswa merupakan salah satu cara Ladies mendukung anak didik. Bagi murid baru, hal ini juga berfungsi sebagai media belajar dan membangun interaksi sosial dengan teman-temannya. Pilihan mereka bisa jadi tidak sesuai dengan harapan orang tua. Guru harus menjadi mediator bagi kedua belah pihak. Kerja sama yang baik antara guru, siswa, dan orang tua dapat menentukan kesuksesan kegiatan belajar mengajar sehingga keberhasilan di masa depan bisa diraih.

 

5. Berlapang Dada Ketika Kenyataan Tak Sesuai Harapan

Tidak semua pihak dapat menerima dengan baik saat pencapaian siswa belum maksimal. Sudah sewajarnya jika orang tua menginginkan anaknya dapat beradaptasi dengan cepat di lingkungan sekolah. Namun, lebih baik tidak memaksa mereka jika belum berhasil karena kemampuan setiap anak berbeda.

Ladies, terkadang menghadapi siswa baru yang sulit beradaptasi membutuhkan kesabaran serta waktu yang tidak sebentar. Untuk itu, diperlukan kerja sama dengan orang tua. Semua murid adalah bintang. Bisa jadi, mereka yang pada awalnya mengalami kesulitan beradaptasi kelak dapat mengukir prestasi membanggakan. Semoga tips di atas bermanfaat.

Juli Dwi Susanti

Guru-Dosen Pendidikan Matematika, Perempuan Pembelajar (Long Life Learner), Motivator, yang mencintai menulis sebagai lukisan jiwa, terapi hati, sharing dan caring. Are you?
Juli Dwi Susanti

Related posts

Leave a Comment